Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah Dalam Kegiatan Sedekah Bumi Masyarakat Di Desa Bareng Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro

Nurrohmah, Zuhriatin (2022) Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah Dalam Kegiatan Sedekah Bumi Masyarakat Di Desa Bareng Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180473_Zuhriatin Nurrohmah_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurrohmah, Zuhriatin. 2022, Nilai-Nilai Pendidikan Aqidah dalam Kegiatan Sedekah
Bumi Masyarakat di Desa Bareng Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Erwin Yudi Prahara, M.Ag.

Kata Kunci: Nilai-Nilai, Pendidikan Aqidah, Sedekah Bumi
Penelitian ini dilatar belakangi adanya sebuah fakta bahwa masyarakat dan budaya adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Seperti halnya di Desa Bareng Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro. Masyarakat di Desa Bareng masih mempertahankan budaya nenek moyang yaitu sedekah bumi. Masyarakat di Desa Bareng mayoritas berprofesi sebagai petani dan sebagai masyarakat jawa tentu budaya menjadi sesuatu yang sangat melekat pada kehidupan masyarakat. Sebagai masyarakat yang penduduknya beragama Islam maka sedekah bumi yang dilakukan ini tidak boleh menyimpang dari ajaran agama Islam. Dengan adanya kegiatan sedekah bumi yang bernuansa Islami ini diharapkan mengandung nilai-nilai pendidikan aqidah di dalamnya. Nilai-nilai Pendidikan aqidah diharapkan nantinya dapat menjadikan masyarakat lebih berpegang teguh kepada ajaran-ajaran Islam dan semakin mendekatkan diri kepada Allah Swt.
Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk mendeskripsikan kegiatan sedekah bumi di desa bareng kecamatan Sugihwaras kabupaten Bojonegoro. (2) Untuk menjelaskan nilai-nilai pendidikan akidah yang terkandung dalam kegiatan sedekah bumi masyarakat di Desa Bareng Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro dan bagaimana dampaknya terhadap aqidah masyarakat.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan Teknik wawancara kepada informan yang mempunyai pengetahuan komprehensif terkait informasi yang sesuai dengan topik penelitian, kemudian teknik observasi dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Tradisi sedekah bumi yang dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Bareng Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro bisa dikatakan sebuah budaya yang sudah mandarah daging dalam diri masyarakat di Desa Bareng. Dan sebagai masyarakat yang penduduknya beragama Islam maka pelaksanaan kegiatan sedekah bumi juga sesuai dengan ajaran-ajaran agama Islam. (2) Nilai-nilai pendidikan aqidah dalam tradisi sedekah bumi yang dilaksanakan oleh masyarakat di Desa Bareng Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro yaitu berupa ilahiyyat dan nubuwat yang sangat dipegang teguh dan dijunjung tinggi oleh masyarakat di Desa Bareng Kecamatan Sugihwaras Kabupaten Bojonegoro.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:32
Last Modified: 22 Jun 2022 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19501

Actions (login required)

View Item View Item