Upaya Guru Ips Dalam Melatih Keterampilan Berbicara Peserta Didik Melalui Metode Jigsaw (Studi Kasus Di Kelas VIII D MTsN 2 Ponorogo)

Saksono, Septiawan Aji (2022) Upaya Guru Ips Dalam Melatih Keterampilan Berbicara Peserta Didik Melalui Metode Jigsaw (Studi Kasus Di Kelas VIII D MTsN 2 Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 208180033 SEPTIAWAN AJI SAKSONO .pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Septiawan aji saksono. 2022. Upaya guru IPS dalam meningkatkan ketrampilan berbicara peserta didik kelas VIII d melalui metode jigsaw di MTsN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakulttas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr, Syafiq Humaisi, M.pd.
Kata kunci : Upaya Guru, Kertampilan Berbicara, Metode Jigsaw
Penelitan ini diawali dengan adanya kendala yang diamati peneliti, pembelajaran di situasi kondisi covid19 menyebabkan keseluruhan peserta didik belajar dari rumah atau daring. Namun pembelajaran yang dilakukan daring tidak sepenuhnya bisa memberikan penyelesaian masalah pada peserta didik, apalagi banyak kendala di waktu pembelajaran online atau daring. Pemebelajaran yang dilakukan setelah libur yang cukup lama meneyebabkan banyak peserta didik yang mengalalmi penurunan keaktifan dan keterampilan berbicaranya, yang mana dalam penanganannya sudah berulangkali di uapayakan guru akan tetapi masih mengalami permasalahan, yang muncul dari banyak sektor pendidikan lain dalam pembelajaran.
Meninjau dari tujuan penelitian yang mana dalam penelitian ini membahas mengenai tiga tujuan, pertama yaitu ingin mengetahui dan ingin mendeskripsikan pelaksanaan metode jigsaw sebagai upaya guru IPS dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di kelas VIII d MTsN 2 Ponorogo, kemudian yang kedua ingin mengetahui mengenai faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik, dan yang ke tiga mengenai ingin mengetahui dan mendeskripsikan hasil yang diupayakan dari pelaksanan pembelajaraan menggunakan metode jigsaw dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik di MTsN 2 Ponorogo.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, yang mana data yang dikumpulkan itu berupa kata kata, gambar dan bukan angka angka seperti halnya penelitian kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisi induktif. Pengumpulan data yang digunakan dengan menggunnakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles, Huberman dan Saldana dalam buku Sugiyono dengan menggukan langkah langkah langkah reduksi data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengupayaan guru IPS dalam meningkatkan keterampilan berbicara peserta didik menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw terdapat tiga hasil, pertama dalam pelaksanaan meningkatkan keterampilan berbicara melalui metode jigsaw dapat dikatakan sukses, dilihat dari peserta didik yang mampu menyampaikan aspirasi pendapat mereka setelah dilakukannya pembelajaran dengan metode jigsaw. Kedua guru mampu mengatasi faktor faktor yang mendorong dan menghambat terlaksananya pemebelajaran dikelas. Ketiga dari hasil pemebelajaran dikelas menggunakan metode jigsaw mampu mengasah keterampilan berbicara peserta didik dikelas, mampu menambah wawasan baru di kelas VIII d MTs N 2 Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:31
Last Modified: 22 Jun 2022 02:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19500

Actions (login required)

View Item View Item