Analisis Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis

Abdyaningsih, Alya Qisthi (2022) Analisis Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180010_ALYA QISTHI ABDYANINGSIH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Abdyaningsih, Alya Qisthi. 2022. Analisis Kemampuan Pemahaman Konseptual Matematis Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Hestu Wilujeng, M.Pd.
Kata Kunci: Pemahaman Konseptual, Matematis, Kemampual Awal, Siswa
Pemahaman konsep matematis merupakan pemikiran siswa dalam memahami konsep matematika. dari siswa di kelas V, hampir seluruh siswa belum memahami konseptual matematis sehingga siswa merasa kesulitan setiap mengerjakan soal latihan matematika. Dari 22 siswa terdapat 14 % siswa yang menjawab dengan cara tepat, 24 % siswa yang menjawab dengan cara yang tepat, namun ada yang salah, dan 62 % siswa yang menjawab dengan cara yang salah.
Penelitian ini bertujuan: 1) menganalisis kemampuan pemahaman konseptual matematis siswa berdasarkan kemampuan awal matematis tinggi, 2) menganalisis kemampuan pemahaman konseptual matematis siswa berdasarkan kemampuan awal matematis sedang, 3) menganalisis kemampuan pemahaman konseptual matematis siswa berdasarkan kemampuan awal matematis rendah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif data. Subyek penelitian terdiri dari tiga siswa kelas V yang dipilih berdasarkan kriteria hasil tes soal matematika. teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Dianalisis berdasarkan tujuh indikator kemampuan pemahaman konsep. Teknik analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa, siswa dengan kategori hasil tes tinggi dari ketujuh indikator, ia mampu menerapkannya dengan baik dan tepat, namun ada sedkiti kekurangan. Siswa dengan kategori hasil tes sedang, ia mampu menerapkan ketujuh indikator tersebut dengan baik, namun belum maksimal. Siswa dengan kategori hasil tes rendah, dari ketujuh indikator, ia hanya mampu menerapkan satu indikator dengan baik, yaitu menerangkan secara verbal, pada keenam indikator lainnya mampu menerapkannya namun belum maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hestu Wilujeng
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:30
Last Modified: 22 Jun 2022 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19496

Actions (login required)

View Item View Item