Implementasi Metode Kerja Kelompok Berorientasi HOTS Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Tematik Siswa Kelas V SDN 1 Surodikraman Ponorogo

Lestari, Elsa Putri (2022) Implementasi Metode Kerja Kelompok Berorientasi HOTS Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar IPS Tematik Siswa Kelas V SDN 1 Surodikraman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180160_ELSA PUTRI LESTARI_PGMI..pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Lestari, Elsa Putri. Implementasi metode kerja kelompok berorientasi HOTS (Heigher Order
Thingking Skills) untuk meningkatkan minat dan hasil belajarIPS tematik siswa kelas V
SDN 1 Surodikraman Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci : Metode Kerja Kelompok Berorientasi HOTS, Minat, Hasil Belajar
Proses belajar tidak lepas dari kegiatan pembelajaran. Namun pada kenyataannya masih
terdapat permasalahan yang dapat menghambat tercapainya mata pada pelajaran IPS Tematik yaitu
kurangnya minat dan hasil belajar siswa yang masih rendah. Hal tersebut terjadi karena metode
yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran masih tergolong konvensional dan
monoton sehingga pembelajaran belum berjalan maksimal dan berdampak pada minat dan hasil
belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui penerapan metode kerja kelompok
berorientasi HOTS dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS Tematik kelas
V SDN 1 Surodikraman Ponorogo. 2) Mengetahui peningkatakan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS Tematik kelas V SDN 1 Surodikraman Ponorogo dengan menggunakan metode kerja
kelompok berorientasi HOTS.
Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan adanya penerapan salah satu metode yang dapat
meningkatkan minat dan hasil belajar. Metode yang peniliti terapkan pada Penelitian Tindakan
Kelas ini adalah metode kerja kelompok berorientasi HOTS. Metode penelitian ini menggunakan
pendekatan Penelitian Tindakan Kelas yang ditempuh dengan tujuan untuk memperbaiki praktik
pembelajaran secara nyata di dalam kelas. Penelitian dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri
dari empat tahap : perencanaan, pelaksanaan tindakan kelas, pengamatan, dan refleksi. Teknik
pengumpulan data menggunakan angket dan tes.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode kerja kelompok dapat
meningkatkan minat belajar siswa kelas V pada mata pelajaran IPS Tematik SDN 1 Surodikraman
dengan presentase yang mengalami peingkatan sebesar 38%, yang semula pada siklus I hanya 36%
kemudian meningkat menjadi 74%. 2) Penerapan metode kerja kelompok dapat mingkatkan hasil
belajar siswa mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Surodikraman dengan presentase yang mengalami
kenaikan sebesar 64%, pada siklus I 48% kemudian meningkat sebesar 88%. Dengan demikian
penerapan atau implementasi metode kerja kelompok berorientasi HOTS terbukti dapat
meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:30
Last Modified: 22 Jun 2022 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19495

Actions (login required)

View Item View Item