PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD MA’ARIF PONOROGO

Antari, Trisna Wahyu (2022) PENGARUH MINAT BACA TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD MA’ARIF PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180237_TRISNA WAHYU ANTARI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menulis merupakan tantangan besar bagi para siswa. Khususnya dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis karangan. Siswa mengalami kesulitan seperti mengawali tulisan, kesulitan menyusun kalimat, hubungan antar paragraph, bingung dalam memilih kata, kekurangan bahan materi menulis. Hal tersebut dikarenakan kurangnya sumber informasi atau kurang membaca. Menulis dan membaca merupakan suatu hubungan yang saling berkaitan. Membaca dapat memberikan wawasan serta dapat memberikan pemahaman mengenai teknik-teknik penulisan yang benar.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menjelaskan tingkat minat baca siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo, (2) mendeskripsikan tingkat keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo, (3) mengetahui pengaruh minat baca terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan pendekatan ex post facto serta dilaksanakan di SD Ma’arif Ponorogo. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo dengan jumlah 121 siswa yang diambil berdasarkan teknik penghitungan Slovin. Penelitian ini menggunakan kuisioner dan tes sebagai instrumen pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa (1) tingkat minat baca siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo termasuk dalam kategori sedang, hal itu ditunjukkan oleh hasil pengolahan data bahwa skor minat baca siswa paling tinggi masuk dalam kategori sedang dengan jumlah 86 responden dari 121 responden dengan presentase 71,1%, (2) tingkat keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo termasuk dalam kategori sedang yang ditunjukkan oleh hasil pengolahan data bahwa skor menulis narasi siswa paling tinggi masuk dalam kategori sedang dengan jumlah 89 responden dari 121 responden dengan presentase 73,6%, (3) ada pengaruh dari minat baca terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo yang ditunjukkan oleh hasil analisis regresi linier sederhana bahwa Fhitung lebih besar dari Ftabel (11,589>3,92) dengan nilai determinasi (r2) sebesar 0,89, yang artinya minat baca berpengaruh sebesar 8,9% terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo.
Kata Kunci: Minat Baca, Keterampilan Menulis Narasi, Bahasa Indonesia, Pendidikan Sekolah Dasar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Rusdiana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:28
Last Modified: 22 Jun 2022 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19494

Actions (login required)

View Item View Item