Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo

Pangastutik, Diza Alief (2022) Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan Proses Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180157_DIZA ALIEF PANGASTUTIK_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Pangastutik, Diza Alief. Implementasi Model Pembelajaran Kontekstual Dalam Meningkatkan
Pemahaman Konsep Dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPS Kelas 4 MI
Ma’arif Polorejo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas
Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing,
Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Kontekstual, Pemahaman Konsep, Hasil Belajar
Proses pembelajaran terjadi apabila terdapat interaksi antara guru dan siswa. Interaksi
tersebut bertujuan untuk menghasilkan pembelajaran yang efektif serta pemahaman konsep terhadap
materi. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya pemahaman konsep siswa. Hal
tersebut dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvesional sehingga
mengakibatkan siswa cepat bosan atau jenuh selama proses pembelajaran terutama pada
pembelajaran IPS. Maka dari itu dibutuhkan adanya model pembelajaran yang dapat meningkatkan
pemahaman konsep siswa dan meningkatan hasil belajar. Model pembelajaran yang digunakan yaitu
model pembelajaran kontekstual.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) Untuk mengetahui pelaksanaan model
pembelajaran kontekstual dalam pada mata pelajaran IPS kelas 4 MI Ma’arif Polorejo. (2) Untuk
mengetahui penggunaan model pembelajaran kontekstual dalam meningkatkan proses hasil belajar
pada mata pelajaran IPS kelas 4 MI Ma’arif Polorejo.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas Kemmis&MCTaggart.
Penelitian dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Setiap siklusnya terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas 4 MI
Ma’arif Polorejo yang berjumlah 26 siswa. Sumber data pada penelitian ini adalah siswa 4 MI
Ma’arif Polorejo.
Dari analisis data yang didapati, ditemukan bahwa (1) Model pembelajaran kontekstual
dapat meningkatkan pemahaman konsep belajar siswa. Hal ini diketahui dari hasil observasi
aktivitas belajar siswa. Pada tahap pra siklus persentase aktivitas belajar siswa sebesar 60,74%
meningkat pada siklus I menjadi 84,6% kemudian mengalami peningkatan lagi pada siklus II
sebesar 86,9%. (2) Model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal
tersebut diketahui dari adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklusnya. Pada tahap pra siklus
nilai hasil belajar yang berada dalam kategori tuntas sebesar 19,3% kemudian mengalami
peningkatan menjadi 35% pada siklus I, kemudian mengalami peningkatan yang signifikan menjadi
88,5% pada siklus II dari total jumlah siswa di kelas.
i

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:25
Last Modified: 22 Jun 2022 02:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19493

Actions (login required)

View Item View Item