Komparasi Keterampilan Menulis Deskriptif Dengan Metode Concept Sentence Berbantuan Media Gambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo

Anggraeni, Darsla Dyah Ayu (2022) Komparasi Keterampilan Menulis Deskriptif Dengan Metode Concept Sentence Berbantuan Media Gambar Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180152_DARSLA DYAH AYU ANGGRAENI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anggraeni, Darsla Dyah Ayu, 2022. Komparasi Keterampilan Menulis Deskriptif dengan Metode Concept Sentence berbantuan Media Gambar pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 3 MI Ma’arif Polorejo Babadan Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Farida Yufarlina Rosita, M.Pd.
Kata Kunci: Concept Sentence, Keterampilan Menulis Deskriptif
Menulis menjadi hal dasar yang harus dikuasai setiap anak. Melihat realita yang ada, sekarang ini banyak siswa yang kesulitan dalam menuliskan suatu objek. Apalagi dampak pembelajaran daring beberapa waktu yang lalu membuat siswa kesulitan untuk menulis sebuah paragraf deskriptif karena tidak adanya bimbingan langsung dari guru secara tatap muka. Sehingga metode dan media yang digunakan juga terbatas. Maka dari itu diperlukan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Salah satu metode yang bisa digunakan yaitu metode concept sentence berbantuan media gambar dalam meningkatkan keterampilan menulis deskriptif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan menulis deskriptif dengan metode concept sentence berbantuan media gambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia kelas 3 MI Ma’arif Polorejo. Perbedaan tersebut dilihat dari nilai yang diperoleh siswa. Kemudian dianalisis menggunakan SPSS.
Metode Penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan model quasi experimental design dengan jenis Model nonequivalent control group design. Sampel yang diambil yaitu dari kelas 3A berjumlah 27 siswa dan kelas 3B berjumlah 27 siswa. Kelas 3A sebagai kelas eskperimen diberikan perlakuan dalam pembelajaran, sedangkan kelas 3B sebagai kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan tes. Kemudian teknik analisis data yaitu uji validitas, reliabilitas, uji homogenitas, uji normalitas, dan uji independent t test. Uji pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 26.
Berdasarkan analisis data menggunakan uji independent t test nilai t hitung adalah 12,816 lebih besar dibandingkan dengan nilai t tabel yaitu 2,00665. Apabila dilihat dari nilai signifikansinya yaitu sebesar 0,000 dan dibandingkan dengan 0,05 maka nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 yang berarti H1 diterima dan Ho ditolak. Artinya, terdapat perbedaan keterampilan menulis deskriptif dengan metode concept sentence berbantuan media gambar pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 3 MI Ma’arif Polorejo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Yufarlina Rosita
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:23
Last Modified: 22 Jun 2022 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19492

Actions (login required)

View Item View Item