Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Sikap Toleransi dan Hasil Belajar Kelas IV MIN 2 Kota Madiun

Mar'atu Cholifah, Erlys (2022) Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Sikap Toleransi dan Hasil Belajar Kelas IV MIN 2 Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180043_ERLYS MAR'ATU CHOLIFAH_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Cholifah, Erlys Mar’atu. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalamMeningkatkan Sikap Toleransi dan Hasil Belajar di MIN 2 Kota Madiun (PTK di MIN 2 Kota Madiun). Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Mukhlison Effendi, M. Ag.
Kata Kunci: Sikap Toleransi, Hasil Belajar, Model Pembelajaran
Sebuah proses pembelajaran tentunya memiliki tujuan untuk menghasilkan siswa dengan pengetahuan secara teoritis namun juga disertai dengan keterampilan yang dapat diimplementasikan dalam keidupan sehari- hari. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurannya sikap toleransi dan hasil belajar siswa kelas IV di MIN 2 Kota Madiun pada mata pelajaran PPKn. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan, didapatkan data bahwa masih terdapat banyak siswa yang belum maksimal dalam aspek sikap toleransi dan hasil belajar siswa yang belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan maksimal (KKM). Alasan pemilihan kelas IV adalah dikarenakan subjek pada kelas IV merupakan peralihan dari kelas rendah menuju kelas tinggi, sehingga terdapat beberapa permasalahan, salah satunya adalah kurangnya sikap toleransi selama proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan guru harus melakukan remedial kepada sebagian siswa tersebut. Salah satu upaya yang perlu dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan pembelajaran PPKn dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui implementasi sikap toleransi siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun pada mata pelajaran PPKn setelah diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), (2) mengetahui implementasi hasil belajar siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun pada mata pelajaran PPKn setela diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua kali siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 2 Kota Madiun yang berjumlah 38 siswa, dengan rincian 10 siswa laki- laki dan 28 siswa perempuan..
Dari analisis data ditemukan bahwa (1) Model Pembelaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan sikap toleransi siswa, hal ini dapat diketahui dari hasil observasi keaktifan siswa. Pada tahap pra siklus dalam kategori rendah dengan presentase 86,8%, sedang dengan presentase 13,2% dan tinggi dengan presentase 0%. Meningkat pada siklus I kategori rendah dengan presentase 47,4%, sedang dengan presentase 47,4% dan tinggi dengan presentase 5,2%. Kemudian kembali meningkat pada siklus II dalam kategori rendah dengan presentase 2,6%, sedang dengan presentase 76,31% dan tinggi dengan presentase 21,1%. (2) Model Pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang semula pada Pra Siklus kategori tuntas memiliki presentase 67,63% , kemudian mengalami peningkatan pada siklus I dengan presentase 72% dan kembali mengalami peningkatan pada siklus II denan presentase 100% dari total jumlah siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:29
Last Modified: 22 Jun 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19491

Actions (login required)

View Item View Item