..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Penelitian Kualitatif tentang Mutu Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo

Khusnul Koyimah, Khusnul Koyimah (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Penelitian Kualitatif tentang Mutu Pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180106 KHUSNUL KOYIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penulis meneliti atau mengambil judul ini adalah karena penulis memandang pembelajaran merupakan salah satu kegiatan penting dalam pendidikan khususnya di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Sebuah pembelajaran yang di manajemenkan secara baik akan semakin mudah untuk mencapai tujuan yang di inginkan. Kemudian agar mengetahui sejauh mana program-program pembelajaran yang dilaksanakan hingga mampu menjadi sekolah unggul di kabupaten ponorogo dan ingin mengetahui program-program pembelajaran pendidikan agama islam yang diterapkan. Dari hal tersebut, perlu difikirkan bagaimana cara mengembangkan pembelajaran tersebut agar terciptanya mutu pembelajaran pendidikan agama islam yang baik dan terarah serta dapat menciptakan siswa siswi yang berkepribadian baik, berbudi luhur, memiliki nilai nilai ajaran islam yang luas. Suatu pembelajaran khususnya pembelajaran PAI tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak adanya pengembangan pembelajaran yang baik pula. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan pembelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dan subjek dari penelitian ini guru PAI dan siswa di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa penyusunan perangkat pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo dalam penyusunan perangkat pembelajaran PAI terdapat beberapa komponen utama yaitu program tahunan (prota), program semester (promes),silabus, rencana perangkat pembelajaran (RPP) dan media pembelajaran. Selain itu, dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 1 Jetis terdapat beberapa kegiatan yang dilaksanakan yakni kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Selain itu, bahwa dalam upaya mengembangkan pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Jetis guru selain menyampaikan materi didalam kelas, guru juga lakukan seperti salah satunya dengan mengadakan kegiatan diluar jam sekolah atau kegiatan extrakulikuler yang bernuansa keagamaan seperti halnya tahfidz Al-Qur'an. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik memiliki motivasi dan minat terhadap pembelajaran pendidikan agama islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:29
Last Modified: 22 Jun 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19490

Actions (login required)

View Item View Item