Kesulitan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Tahunan Pacitan

Arrohmah, Nisa (2022) Kesulitan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 1 Tahunan Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180207_NISA ARROHMAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Arrohmah, Nisa. 2022. Kesulitan Menulis Permulaan Siswa Kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri I Tahunan Pacitan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Dhinuk Puspita Kirana, M.Pd.

Kata Kunci: Kesulitan Menulis, Menulis Permulaan, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

Menulis permulaan merupakan suatu bentuk kemampuan dasar untuk menyampaikan pola bahasa dalam bentuk tulisan. Melalui tulisan tersebut diharapkan siswa dapat memahami dan menyuarakan lambang bunyi bahasa. Namun, timbul masalah dalam proses pembelajaran seperti: siswa masih kesulitan membedakan huruf yang bentuk dan bunyinya hampir sama, siswa masih belum bisa mengatur jarak spasi antar kata, siswa masih belum stabil dalam menulis huruf dalam bentuk kalimat, metode menulis yang kurang tepat sehingga sisa cenderung pasif, sehingga masih terdapat beberapa siswa yang kurang memahami pelajaran yang disampaikan guru dan berdampak pada kemampuan menulis saat mengikuti pelajaran Bahasa Indonesia. Untuk itu, agar dapat mengetahui penyebab kesulitan menulis, maka dapat dilakukan dengan menganalisis untuk menemukan faktor penyebab dan solusi yang seharusnya di berikan untuk mengatasi hal tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kesulitan menulis permulaan siswa kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di SD Negeri 1 Tahunan Pacitan, (2) Untuk mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar menulis permulaan siswa kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 di SD Negeri 1 Tahunan Pacitan, (3) Untuk mendeskripsikan solusi guru untuk mengatasi permasalahan kesulitan belajar menulis permulaan siswa kelas 1 pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas 1 SD Negeri 1 Tahunan Pacitan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik penumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi serta teknik analisis data dengan interactive model milik Miles dan Huberman.
Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa kesulitan menulis permulaan yang dialami siswa kelas 1 antara lain: sulit membedakan huruf yang bentuk dan bunyinya hampir sama, jarak spasi masih belum stabil, ukuran huruf yang belum stabil, dan menulis yang masih terlalu lama. Kesulitan tersebut disebabkan karena kurangnya minat siswa untuk belajar menulis, media dan metode ketika pembelajaran menulis kurang menarik, kurangnya dukungan dari pihak keluarga dalam belajar menulis. Dengan demikian solusi yang diberikan guru untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah memberikan semangat dan motivasi serta memberikan perhatian lebih khusus kepada siswa yang masih kesulitan menulis permulaan, media dan metode pembelajaran yang digunakan guru dirubah dengan kartu huruf, cara mengajarkan siswa yang lupa huruf yaitu diingatkan dengan nyanyian “bentuk huruf abjad” ciptaan guru kelas 1, solusi untuk orang tua yaitu dengan memberikan motivasi kepada orang tua agar sama-sama dalam membimbing anak-anaknya yang masih berkesulitan menulis permulaan. Karena keberhasilan siswa tidak hanya di bangun dari sekolah saja melainkan lingkungan dan keluarga juga sangat besar pengaruhnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dhinuk Puspita Kirana
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:30
Last Modified: 22 Jun 2022 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19489

Actions (login required)

View Item View Item