...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KEASLIAN TULISAN DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...KOMPARASI PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS IV DI MIN 6 PONOROGO

Mulyawati, Annisa Thias (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, KEASLIAN TULISAN DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...KOMPARASI PENALARAN MATEMATIS BERDASARKAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING BERBASIS PROBLEM SOLVING PADA SISWA KELAS IV DI MIN 6 PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180143_ANNISA THIAS MULYAWATI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Penalaran matematis merupakan garis pemikiran yang diadopsi untuk menghasilkan pernyataan dan mencapai kesimpulan dalam penyelesaian tugas. Namun pada peserta didik penalaran matematis masih tergolong masih kurang. Hal ini dikarenakan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Berdasarkan penelitian terdahulu salah satu solusi yang dapat mengatasinya yaitu metode Mind Mapping berbasis Problem Solving yang dapat menumbuhkan keaktifan belajar dan mengembangkan pikiran siswa dalam memecahkan masalah sehingga akan berpengaruh juga pada hasil belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan metode pembelajaran Mind Mapping berbasis Problem Solving, mengetahui aktivitas siswa selama diterapkannya metode pembelajaran Mind Mapping berbasis Problem Solving, dan mengetahui pengaruh metode pembelajaran Mind Mapping berbasis Problem Solving dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis.
Jenis penelitian ini adalah Komparasi. Adapun instrumen penelitian yaitu berupa dokumentasi, lembar observasi (guru dan peserta didik), lembar test (pretest dan posttest) dengan materi yang diajar yaitu bangun datar. Kemudian lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan lembar observasi aktivitas siswa serta tes yang divalidasi kemudian dianalisis menggunakan Uji T untuk melihat pengaruhnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan Mind Mapping berbasis Problem Solving terhadap Penalaran Matematis Peserta Didik memperoleh nilai sebesar 82,3% yang dikategorikan baik. 2) aktifitas peserta didik dalam pembelajaran yang menggunakan Mind Mapping berbasis Problem Solving terhadap Penalaran Matematis memperoleh nilai sebesar 79,9% yang dikategorikan baik.3) pembelajaran mind mapping berbasis problem solving lebihefektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, hal tersebut dapat diketahui dari uji N-Gain dengan nilai 0,470 untuk kelas eksperimen dan 0,406 untuk kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:20
Last Modified: 22 Jun 2022 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19487

Actions (login required)

View Item View Item