PERAN ORGANISASI ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM DISKUSI ONLINE DI MAN NGAWI

Ihza Melina, Zulfa (2022) PERAN ORGANISASI ROHANI ISLAM (ROHIS) DALAM MENINGKATKAN NILAI RELIGIUS SISWA MELALUI PROGRAM DISKUSI ONLINE DI MAN NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180474_Zulfa Ihza Melina_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Melina, ZulfaIhza. 2022. Peran Organisasi Rohani Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa melalui Program Diskusi Online di MAN Ngawi.Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Nur Kolis, M.Ag. Ph.D.
 
Kata Kunci: Rohani Islam (ROHIS), Karakter Religius, dan Diskusi Online
 
Pembentukan karakter religius sangat penting bagi siswa dalam masa perkembangan dari remaja ke dewasa, apalagi akhir-akhir ini kemrosotan moral maupum adab terjadi di kalangan siswa. Hal ini merndorong dari pihak sekolah untik mengatasi persoalan ini. Pembentukan karakter religius melalui wadah organisasi Rohani Islam (ROHIS). Organisasi Rohani Islam (ROHIS) sebagai organisasi yang bergerak dalam bidang kerohanian di sekolah berperan penting dalam upaya peningkatan karakter religius siswa sebagaimana yang terjadi di MAN Ngawi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui organisasi Rohani Islam (ROHIS) di MAN Ngawi (2)  untuk mengetahui organisai Rohani Islam (ROHIS) melaksanakan program diskusi Online untuk meningkatkan nilai religius siswa di MAN Ngawi dan (3) untuk mengetahui implikasi program diskusi Online organisasi Rohani Islam (ROHIS) dalam meningkatkan nilai religius siswa di MAN Ngawi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kaasus dengan lokasi penelitiam di  MAN Ngawi. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Februari sampai dengan bulan Maret 2022. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber, metode, waktu dan penyelidik. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah pembina Rohani Islam (ROHIS), guru PAI, dan anggota Rohani Islam (ROHIS) MAN Ngawi.
Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa (1) Rohani Islam dalam membentuk karakter religius siswa ada beberapa kegiatan antara lain kegiatan harian, mingguan, bulanan dan tahunan. karakter religius siswa di MAN Ngawi secara umum baik. (2) pelaksanaan kegiatan diskusi Online dalam menumbuhkan karakter religius siswa di MAN Ngawi cukup berhasil dalam penanaman karakter tersebut. Dalam melakukan kegiatan diskusi Online pembina organisasi Rohani Islam (ROHIS), anggota organisasi Rohani Islam (ROHIS) , guru juga berperan penting dalam menumbuhkan karakter religius siswa MAN Ngawi. Pelaksanaan program diskusi Online tidak ada batasannya, materi yang diberikan adalah tentang fiqih zakat, fiqih sholat, fiqih thoharoh dan pergaulan remaja. Program diskusi Online ini dilaksanakan satu bulan sekali (3) dampak pelaksanaan kegiatan diskusi Online terhadap karakter religius siswa di MAN Ngawi cukup baik, hal ini bisa dilihat dari perubahan akhlak siswa dari yang belum baik menjadi lebih baik seperti sebelumnya siswa yang malas untuk tadarus dan sering terlambat dalam melaksanakan sholat dhuha maupun sholat dhuhur menjadi tepat waktu dalam melaksanakan sholat dan tadarus Al-Quran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Nur Kolis
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:19
Last Modified: 22 Jun 2022 02:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19486

Actions (login required)

View Item View Item