...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pembentukan Karakter Santri Melalui Pembelajaran Kitab Ayyuha Al- Walad di Pondok Pesantren Sendang Drajat Jambon Ponorogo

Agustina, Yesi Eko (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pembentukan Karakter Santri Melalui Pembelajaran Kitab Ayyuha Al- Walad di Pondok Pesantren Sendang Drajat Jambon Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180237_Yesi_Eko_Agustina_PAI[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggambarkan mengenai pembentukan karakter santri melalui pembelajaran Kitab Ayyuha Al-Walad di Pondok Pesantren Sendang Drajat Jambon Ponorogo. Pembentukan karakter sangat penting dalam kehidupan manusia khususnya di negara Indonesia. Karakter dapat terbentuk dari kebiasaan yang dilakukan dalam kehidupan sehari- hari. Adapun unsur yang terpenting dalam pembentukan karakter yaitu mengenai pikiran. Karena pikiran yang di dalamnya terdapat seluruh program mengenai bagaimana moral seseorang.
Adapun tujuan penelitian dalam penelitian ini yaitu 1.) Untuk memaparkan pembentukan karakter sosial santri melalui pembelajaran Kitab Ayyuha al-Walad di Pondok Sendang Drajat Jambon Ponorogo, 2.) Untuk mendeskripsikan pembentukan karakter mandiri santri melalui pembelajaran Kitab Ayyuha al-Walad di Pondok Sendang Drajat Jambon Ponorogo 3.) Untuk memaparkan pembentukan karakter religius santri melalui pembelajaran Kitab Ayyuha al-Walad di Pondok Sendang Drajat Jambon Ponorogo.
Pada penulisan penelitian ini, untuk menjawab pertanyaan di atas, peneliti direncanakan dengan rancangan deskriptif kualitatif studi kasus di Pondok Sendang Drajat Jambon Ponorogo. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi serta menggunakan metode analisis data dari Miles Huberman, yang mencangkup pengumpulan data, pereduksian data, penyajian data kemudian kesimpulan agar memperoleh hasil terbaik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembentukan santri melalui pembelajaran Kitab Ayyuha al-Walad di Pondok Sendang Drajat Jambon Ponorogo, yaitu : 1.) Pembentukan karakter sosial dapat melalui pembiasaan, pelatihan, mengarahkan dan juga rutinitas yang telah dilakukan dalam kesehariannya, serta pembinaan pesantren yang berlangsung setiap harinya antara lain: Pengajian rutin, bakti sosial, Madrasah Diniyah, Piket, bentuk toleransi terhadap sesama. Adapun contoh bakti sosial yang di lakukan dalam bentuk penggalangan dana di setiap jumat, hal tersebut berguna untuk masyarakat dan juga santri dalam lingkungan pondok yang terkenaa musibah. Dilihat dari hal tersebut tentunya sudah mencangkup aspek- aspek yang luas, meliputi aspek spiritual, aspek intelektual, moral, dan juga aspek sosial, 2.) Pembentukan karakter mandiri santri melalui pembelajaran Kitab Ayyuha al- Walad yang dilakukan di MA pondok pesantren Sendang Drajat dapat dibentuk melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti pramuka dan juga dapat diterapkan melalui kegiatan muhadhoroh. Dengan adanya kegiatan tersebut dapat mencetak karakter mandiri pada santri dan juga dapat menjadikan santri menjadi disiplin, baik itu disiplin waktu maupun disiplin dalam beragama. Selain itu pondok Sendang Drajat juga menerapkan kemandirian emosi (emotional autonomy). Di mana dalam hal ini seperti pemenuhan kebutuhan biologis-fisiologis, mulai dari mempersiapkan makan, minum, mencuci pakaian, piring dan istirahat, mandiri dalam membagi waktu aktivitas sehari-hari dan belajar, mandiri dalam mengatur keuangan sendiri, 3.) Pembentukan karakter religius santri melalui pembelajaran Kitab Ayyuha al- Walad yang dilakukan di MA pondok pesantren Sendang Drajat dapat dibentuk melalui kegiatan keagamaan yang ada di pondok tersebut seperti, beribadah seperti melakukan sholat lima waktu dan juga sholat sunnah secara berjamaah, sikap tawakkal kepada Allah seperti selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah. Seperti halnya santri selalu makan seadanya tanpa mengeluh,mau menjalankan semua peraturan yang ada di pondok tanpa mengeluh, ngaji sorogan yang dilakukan setiap ba’da maghrib, kajian Subuh yang dilakukan setiap hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umar Sidiq
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:29
Last Modified: 22 Jun 2022 02:29
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19485

Actions (login required)

View Item View Item