..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Kreativitas Guru IPS Dalam Penanaman Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas IX B di MTs Negeri 6 Ponorogo.

Liya Ayu Septi Ana, Tantri (2022) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Kreativitas Guru IPS Dalam Penanaman Sikap Sosial Siswa Melalui Pembelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas IX B di MTs Negeri 6 Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
208180077_TANTRI LIYA AYU SEPTI ANA_IPS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Liya Ayu Septiana, Tantri. 2022. Kreativitas Guru IPS dalam Penanaman Sikap Sosial Siswa melalui Pembelajaran IPS Terpadu Siswa Kelas IX B di MTs Negeri 6 Ponorogo. Skripsi, Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. M. Syafiq Humaisi, M.Pd.
Kata Kunci : Kreativitas Guru, Penanaman Sikap Sosial, Pembelajaran IPS
Pembahasan mengenai penanaman sikap sosial pada hakikatnya tidak dapat dilepaskan kaitannya dengan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Dalam jenjang pendidikan SMP/MTs peneliti dengan judul penelitian ini menemukan problem/ masalah tentang kurangnya kreativitas guru dalam penanaman sikap sosial, tepatnya di MTs Negeri 6 Ponorogo. Seperti contoh pembelajaran yang masih bersifat monoton sehingga siswa tidak aktif dalam pembelajaran, hal ini menyebabkan sikap kedisplinan siswa kurang seperti siswa kurang menghargai guru, siswa kurang sopan santun dan sebagainya. Karena sikap disiplin merupakan salah satu dari nilai-nilai sikap sosial yang harus ditanamkan di sekolah selaras dengan pendapat dari Thomas Lickona. Dalam masalah ini maka sangat penting adanya kreativitas guru IPS dalam penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS Terpadu di lingkungan sekolah MTs Negeri 6 Ponorogo guna membentuk kesadaran individu atau siswa guna bertingkah berdasar fakta dan berulang-ulang dalam obyek sosial berdasarkan pada pengalamannya.
Penelitian yang dilakukan ini bertujuan untuk (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana kreativitas guru IPS dalam penanaman sikap sosial siswa kelas IX B di lingkungan sekolah melalui pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 6 Ponorogo. (2) Untuk mendeskripsikan hambatan kreativitas guru IPS dalam penanaman sikap sosial siswa kelas IX B di lingkungan sekolah dalam pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 6 Ponorogo. (3) Untuk mendeskripsikan hasil guru IPS dalam penanaman sikap sosial siswa kelas IX B di lingkungan sekolah melalui pembelajaran IPS Terpadu di MTs Negeri 6 Ponorogo.
Dalam proses penelitian ini pendekatan yang dilakukan oleh peneliti yaitu dengan meggunakan metode pendekatan kualitatif studi kasus dan pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Agar tidak terjadi kesalahan atau kerancuan dalam hasil penelitian, peneliti menggunakan teknik wawancara mendalam dan terstruktur dengan bertanya kepada informan yang bertujuan untuk mendapatkan data khusus yang dibutuhkan dalam pengerjaan penelitian tersebut.
Dari hasil penelitian ini ditemukan: (1) Kreativitas guru IPS dalam menanamkan sikap sosial
siswa melalui pembelajaran IPS Terpadu siswa kelas IX B di MTs Negeri 6 Ponorogo diantaranya dengan cara pemberian tugas kelompok, tugas diskusi, menganalisis masalah, bersikap akrab kepada siswa, mengaitkan materi pembelajaran dengan penanaman sikap sosial yang baik. (2) Adanya kendala atau hambatan kreativitas guru IPS dalam penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS Terpadu siswa kelas IX B di MTs Negeri 6 Ponorogo diantaranya pengaruh dari lingkungan keluarga, pengaruh dari tempat tinggal siswa/ teman sepergaulan. (3) Untuk hasil dari kreativitas guru IPS dalam penanaman sikap sosial siswa melalui pembelajaran IPS Terpadu siswa kelas IX B di MTs Negeri 6 Ponorogo dalam hal sikap sosial sudah cukup baik di terapkan oleh siswa namun juga tidak jarang siswa yang sering melanggarnya, sudah di terapkan baik oleh siswa. Sebagai contoh siswa yang sudah baik dalam sikap sosial nya itu siswa mengerjakan dan mengumpulkan tugas sesuai dengan waktu yang di

tentukan, mempunyai tanggung jawab atas bagian tugasnya, melaksanakan perintah guru dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:28
Last Modified: 22 Jun 2022 02:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19484

Actions (login required)

View Item View Item