..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peran Majelis Ta’lim Darun Ni’mah Dalam Pemberdayaan Jamaah (Perempuan) di Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 Jenes Brotonegaran Ponorogo

Hasanah, Ulfi (2022) ..(TAMBAHKAN LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..Peran Majelis Ta’lim Darun Ni’mah Dalam Pemberdayaan Jamaah (Perempuan) di Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 Jenes Brotonegaran Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180455_ULFI HASANAH _PAI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Majelis ta’lim Darun Ni’mah merupakan lembaga pendidikan non formal yang didirikan untuk masyarakat khususnya bagi kalangan ibu-ibu (perempuan). Karena dizaman modern seperti saat ini masih banyak masyarakat yang kurang faham dengan ajaran agama Islam. Majlis ta’lim ini diselenggarakan dengan tujuan dapat memberdayakan kaum perempuan dalam menguasai pendidikan agama Islam sampai jamaah mampu mempraktekkan dengan benar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan majlis ta’lim Darun Ni’mah (2) Bagaimana peran majelis ta’lim Darun Ni’mah dalam pemberdayaan jamaah (perempuan) di Pondok Pesantren Hudatul Muna 2.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian adalah pengasuh majelis ta’lim, pengurus majelis ta’lim dan jamaah majelis ta’lim Darun Ni’mah. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber. Analisis data dalam penelitian menggunakan model Miles dan Huberman, yakni melalui reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Teknis analisis datanya menggunakan teknis deduksi dan induksi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan kegiatan majlis ta’lim Darun Ni’mah dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah ditetapkan. Bentuk kegiatannya dilaksanakan dalam bentuk pengajian. Program kegiatannya terdiri dari program harian yang meliputi kalam jammsantri dan sangu urip yang dilakukan secara online, program mingguan yang meliputi maos al-Qur’an angen-angen sakmaknane setiap hari rabu sore, manakiban setiap jum’at pagi secara online dan BBQ (bina baca al-Qur’an) setiap hari sabtu dan senin, program bulanan yang meliputi nyewelasan setiap tanggal 11 hijriah dan anjangsana antar kecamatan setiap 35 hari sekali, dan program tahunan yang meliputi kubronan haul Syaikh Abdul Qodir al-Jailani, haul para Habaib, ziarah kubur dan santunan anak yatim. Metode yang digunakan adalah metode ceramah, kisah, pembiasaan dan tanya jawab. (2) Peran majelis ta’lim Darun Ni’mah dalam pemberdayaan jamaah (perempuan) di Pondok Pesantren Hudatul Muna 2 adalah sebagai tempat penanaman aqidah Ahlu Sunnah Wal Jamaah, tempat menuntut ilmu, pemberantas buta huruf dan rekreasi rohani termasuk pembinaan keimanan kaum perempuan. Kemudian peran majelis ta’lim sebagai tempat pemersatu umat, menunjang kerukunan sesama umat dan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi dan sosial termasuk dalam pendidikan keluarga sakinah. Kemudian peran sebagai tempat pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi dan sosial termasuk dalam pemberdayaan kaum duafa’.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:24
Last Modified: 22 Jun 2022 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19482

Actions (login required)

View Item View Item