Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas VI MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo

Anggraini, Syola Dwi (2022) Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas VI MI Ma'arif Polorejo Babadan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180117_SYOLA DWI ANGGRAINI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Anggraini, Syola Dwi. 2022. Efektivitas Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan
Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas VI MI Ma’arif Polorejo Babadan
Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah
dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr.Wirawan
Fadly, M.Pd.
Kata Kunci : Efektivitas, Metode Tanya Jawab, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPA
Pendidikan merupakan sebuah sistem dimana terdapat beberapa komponen seperti
pendidik, siswa, tujuan pendidikan, perangkat pendidikan, dan lingkungan pendidikan. Untuk
melaksanakan proses pembelajaran diperlukan adanya media yang tepat, strategi, dan
metode pembelajaran yang sesuai dengan materi. Efektivitas penggunaan media dan metode
pembelajaran tergantung dalam kesesuaian materi pembelajaran, tujuan pembelajaran,
sumber, fasilitas, dan kompetensi guru. Dalam suatu pembelajaran terdapat beberapa
metode yang digunakan sehingga dapat membantu dan memfasilitasi pencapaian tujuan yang
telah direncanakan. Pemilihan metode pembelajaran ini tergantung pada tingkat kesulitan
materi yang akan dibahas dan tingkat kesulitan dari kompetesi yang ingin dicapai. Dalam
konteks ini, guru dapat mengidentifikasi siswa yang mengalami kesulitan belajar dan
mengenai jenis atau sifat kesulitan belajar yang dihadapi melalui tanya jawab. Tanya jawab
dapat dilakukan secara individu atau kelompok. Dalam penelitian ini, metode tanya jawab
digunakan sebagai metode yang tepat dalam proses pembelajaran IPA, yang mana dengan
menggunakan metode tersebut penyampaian pelajaran dapat dilakukan dengan cara guru
memberikan pertanyaan dan siswa menjawab pertanyaan dari guru dan sebaliknya.
Tujuan penelitian ini adalah untuk : (1) Mengetahui penerapan metode tanya jawab
untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA kelas VI di MI Ma’arif
Polorejo; (2) Untuk mengetahui efektivitas penerapan metode tanya jawab untuk
meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPA kelas VI di MI Ma’arif Polorejo.
Penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitaif, dimana data yang
disajikan dalam bentuk angka-angka. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI MI
Ma’arif Polorejo yaitu 52 siswa. Sampel yang diambil peneliti sebanyak 52 responden,
sehingga seluruh siswa dijadikan sampel. Instrumen pengumpulan data ini menggunakan
angket, tes dan dokumentasi.
Berdasarkan analisis data, diperoleh bahwa (1) Penerapan metode tanya jawab kelas VI
di MI Ma’arif Polorejo ini secara signifikan terlaksana dengan sangat baik, hal tersebut bisa
dilihat dari langkah-langkah persiapan sampai pelaksanaan penerapan metode tanya jawab
sudah sesuai (2) Metode Tanya Jawab merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan
keaktifan siswa kelas VI MI Ma’arif Polorejo dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen
(pre-test) yaitu 68,19 dan setelah dilakukan perlakuan menggunakan metode tanya jawab
(post-test) nilai rata-ratanya menjadi 81,65. Pada kelas kontrol, nilai rata-rata pre-test adalah
62,42 dan setelah diberikan perlakuan tanpa menggunakan metode tanya jawab nilai post-test
menjadi 71,77. Dari kedua hasil antara kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan
bahwa terjadi peningkatan yang lebih besar pada kelas eksperimen mendapatkan perlakuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Wirawan Fadly
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:22
Last Modified: 22 Jun 2022 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19476

Actions (login required)

View Item View Item