Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Putri dari Kitab Risalatul Mahid Pondok Pesantren Nurul Hikmah Sidorejo Dolopo Madiun

Ambarwati, Mawalia (2022) Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Putri dari Kitab Risalatul Mahid Pondok Pesantren Nurul Hikmah Sidorejo Dolopo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180143-MAWALIA AMBARWATI-PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ambarwati, Mawalia. 2022. Implementasi Metode Sorogan dalam Meningkatkan Pemahaman Santri Putri dari Kitab Risalatul Mahid Pondok Pesantren Nurul Hikmah Sidorejo Dolopo Madiun. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M. Pd.

Kata Kunci: Implementasi, Metode Sorogan, Kitab Risalatul Mahid
Pemahaman seputar haid dan istihaḍah sangat penting untuk dikuasai baik untuk laki-laki maupun perempuan. Hukum mengetahui permasalahan seputar haid dan istihaḍah bagi seorang perempuan adalah fardlu ‘ain. Sebab permasalahan tersebut sangat erat kaitannya dengan keabsahan ibadah seorangperempuan. Jika seorang perempuan tidak memahami permasalahan serta solusi terhadap permasalahan haid maupun istihaḍah yang dihadapi, maka nantinya akan berdampak buruk terhadap kesuciannya. Dan jika kesucian perempuan tersebut dipertanyakan, maka akan berdampak besar pula terhadap keabsahan ibadahnya. Maka sangatlah penting bagi seorang perempuan untuk mengetahui sekaligus memahami tentang permasalahan haid dan istihaḍah serta hal-hal lain yang berkaitan dengan permasalahan tersebut. Pemahaman terhadap suatu materi pembelajaran juga sangat bergantung terhadap metode pembelajaran yang didigunakan, seperti halnya penerapan metode sorogan dalam pembelajaran kitab Risalatul Mahid di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Sidorejo Dolopo Madiun.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) latar belakang pemakaian metode sorogan, 2) pelaksanaan pembelajaran kitab Risalatul Mahid menggunakan metode sorogan untuk meningkatkan pemahaman kitab Risalatul Mahid 3) implikasi pemahaman kitab Risalatul Mahid santri putri Pondok Pesantren Nurul Hikmah Sidorejo Dolopo Madiun.
Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan memakai teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi serta dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles, Huberman & Saldana berupa data collection, data condensation, data display dan conclusion. Dalam pengecekan keabsahan data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Adapun hasil dari penelitian ini yaitu 1) Latar belakang pemakaian metode sorogan adalah untuk membantu mempermudah santri dalam memahami materi kitab Risalatul Mahid, sebab dengan metode sorogan santri tidak hanya mendengarkan, tetapi juga belajar, memahami serta mengungkapkan kembali pemahaman yang telah ia miliki. 2) Pembelajaran kitab Risalatul Mahid dilaksanakan pada malam senin setiap satu minggu sekali. Pembelajaran kitab Risalatul Mahid ini diberlakukan bagi seluruh santri putri. Pembelajaran dimulai dari santri maju ke depan secara bergantian untuk membaca, memahami kemudian mengungkapkan kembali materi yang telah disetorkan sesuai pemahaman santri. Jika ada materi yang belum dimengerti bisa ditanyakan, jika tidak maka santri bisa kembali ke tempatnya dan dilanjutkan dengan santri lain. Faktor pendukung pembelajaran kitab Risalatul Mahid ini ada dua, yaitu penerapan materi kitab Risalatul Mahid dalam kehidupan sehari-hari serta pemakaian rujukan dari kitab-kitab lain yang setema dengan kitab Risalatul Mahid. Adapun faktor penghambat pembelajaran kitab Risalatul Mahid ini memiliki empat faktor, yaitu faktor dari segi individu, pengajar, tingkat kesulitan materi serta dari segi pemakaian waktu. 3) Implikasi pemahaman kitab Risalatul Mahid bagi santri putri di Pondok Pesantren Nurul Hikmah yaitu terletak pada kemudahannya dalam memahami permasalahan terkait haid, istihaḍah, nifas serta hal-hal yang berkaitan dengan ketiga hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari, seperti lebih mudah dalam membedakan jenis darah serta hukum darah yang dikeluarkan, lebih memahami tata cara mandi besar bagi orang yang haid, istihaḍah maupun nifas, lebih berhati-hati terhadap hal-hal yang dilarang maupun diperbolehkan bagi orang yang sedang haid, istihaḍah maupun nifas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:48
Last Modified: 21 Jun 2022 08:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19473

Actions (login required)

View Item View Item