Problematika Santri Penghafal Al-Qur'an dan Solusinya (Studi Kasus di Pondok Pesantren Munawwiruzzuhriyyah Umbul Glonggong Dolopo Madiun)

Lailatussa'adah, Lailatussa'adah (2022) Problematika Santri Penghafal Al-Qur'an dan Solusinya (Studi Kasus di Pondok Pesantren Munawwiruzzuhriyyah Umbul Glonggong Dolopo Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180128_LAILATUSSA'ADAH_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Lailatussa’adah. 2022. Problematika Santri Penghafal Al-Qur’an dan Solusinya (Studi Kasus di Pondok Pesantren Munawwiruzzuhriyyah Umbul Glonggong Dolopo Madiun). Skripsi, Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Yusmicha Ulya Afif, M. Pd. I.
Kata Kunci: Problematika, Penghafal Al-Qur’an.
Menghafal Al-Qur’an merupakan suatu keutamaan dan kenikmatan yang besar yang harus disyukuri dan menjadi suatu hal yang sangat didambakan oleh seluruh umat muslim. Salah satu lembaga di Indonesia yang bergerak dalam bidang tahfidz Al-Qur’an adalah Pondok Pesantren Munawwiruzzuhriyyah Umbul Glonggong Dolopo Madiun. Dalam pelaksanaan kegiatan tahfidz Al-Qur’an pastilah setiap penghafal akan menemui problematika-problematika tersendiri dan dalam upaya menghadapi problematika yang terjadi setiap penghafal akan menerapkan solusi yang berbeda disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan mengenai apa saja problem yang dihadapi santri penghafal Al-Qur’an di pondok Pesantren Munawwiruzzuhriyyah Umbul Glonggong Dolopo Madiun, dan (2) mendeskripsikan mengenai bagaimana cara santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Munawwiruzzuhriyyah Umbul Glonggong Dolopo Madiun dalam mengatasi problematika yang dihadapi.
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisa datanya menggunakan teknik analisa data Milles & Huberman meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah (1) Problematika yang dialami santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Munawwiruzzuhriyyah Umbul Glonggong Dolopo Madiun dapat dikategorikan menjadi dua yaitu problematika internal dan eksternal. Problematika internalnya meliputi suasana hati yang tidak baik, timbulnya rasa malas, terlalu fokus menambah setoran hafalan, sulit membagi waktu dan terdapat ayat yang sulit dihafal. Sedangan problematika eksternalnya yaitu lingkungan yang tidak kondusif. (2) Solusi yang diterapkan oleh santri penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Munawwiruzzuhriyyah Umbul Glonggong Dolopo Madiun dalam mengatasi problematika yang dihadapi terbagi menjadi dua yaitu solusi untuk mengatasi problematika internal dan eksternal. Untuk solusi mengatasi problematika internal meliputi tetap dipaksa untuk nderes, kembali menata niat, pintar-pintar dalam membagi waktu dan lebih ekstra dalam memahami ayat yang sulit dihafal. Sedangkan solusi untuk mengatasi problematika eksternal yaitu dengan mencari lingkungan yang kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yusmicha Ulya Afif
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:51
Last Modified: 21 Jun 2022 08:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19472

Actions (login required)

View Item View Item