PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MA’ARIF PONOROGO TAHUN AJARAN 2021-2022

Hapsari, Tiasa Ambar (2022) PENGARUH PERSEPSI SISWA PADA BIMBINGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD MA’ARIF PONOROGO TAHUN AJARAN 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180235_TIASA AMBAR HAPSARI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh terdapat siswa di SD Ma’arif Ponorogo yang merasa bahwa pelajaran matematika merupakan pelajaran yang sulit dipahami dan siswa merasa kurang berani bertanya kepada gurunya kalau belum paham tentang materi yang di jelaskan. Dengan adanya permasalahan tersebut orangtua siswa memiliki cara untuk mengatasi permasalahan anaknya yaitu dengan mendaftarkan anaknya ke sebuah lembaga bimbingan belajar yang bertujuan untuk membantu mengatasi masalah-masalah belajar siswa.
Penelitian ini memiliki tujuan bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bimbingan belajar yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran matematika siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini menggunakan seluruh siswa kelas V SD Ma’arif Ponorogo yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah yaitu, dari total kelas V-A sampai V-E dengan jumlah siswa total 174 siswa, setelah observasi awal dilakukan oleh peneliti ada 30 siswa yang mengikuti bimbingan belajar di luar sekolah. Dalam penelitian ini dapat diambil populasi sebanyak 30 siswa. Penelitian ini menggunakan sampel non propability sampling yaitu teknik pengambilan sampel tidak kepada semua namun memiliki kriteria tertentu dengan jenis sampling jenuh yang diartikan teknik penentuan sampel bila anggota populasi digunakan sebagai sampel atau dengan istilah lain sensus, karena semua anggota populasi di jadikan sampel. Jadi dalam penelitian ini mengambil seluruh anggota populasi dijadikan sampel yakni berjumlah 30 siswa .
Adapun hasilnya adalah adanya pengaruh antara bimbingan belajar terhadap hasil belajar siswa yang dilihat dari nilai UTS (Ujian Tengah Semester). Hal ini dibuktikan dengan Fhitung lebih besar dari Ftabel yang artinya bimbingan belajar (X) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika (Y). Dapat dibuktikan juga dengan membandingkan nilai signifikasi pada tabel ANOVA pada uji regresi linier sederhana menunjukkan hasil kurang dari 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa variabel bimbingan belajar (X) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika (Y). Persepsi siswa pada bimbingan belajar dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, artinya siswa merasa terbantu untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi saat di kelas sehingga siswa mendapatkan hasil belajar mata pelajaran matematika yang baik.
Kata kunci : Bimbingan Belajar, Hasil Belajar, Matematika

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:22
Last Modified: 22 Jun 2022 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19471

Actions (login required)

View Item View Item