Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Layanan Administrasi Pendidikan di SMAN 2 Ponorogo

Sholehah, Fedelara Rizqiana Putri (2022) Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Layanan Administrasi Pendidikan di SMAN 2 Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180093_Fedelara Rizqiana Putri Sholehah_Manajemen Pendidikan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

FEDELARA, RIZQIANA PUTRI SHOLEHAH. 2022. Manajemen Kearsipan dalam Meningkatkan Layanan Administrasi Pendidikan di SMAN 2 Ponorogo. Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Ghofar, M.Pd.I.
Kata Kunci: Sistem Manajemen Kearsipan, Pengelolaan dan Pemeliharaan Arsip, Efektivitas Manajemen Kearsipan.
Pengelolaan sistem manajemen kearsipan dalam suatu lembaga pendidikan sangatlah penting, terutama dalam mengingatkan pada suatu masalah, kegiatan maupun sebagai acuan dalam mengambil keputusan. Manajemen kearsipan harus dikelola dengan baik agar dapat mengatasi berbagai masalah tentang kebutuhan informasi pada lembaga, sistem manajemen kearsipan biasanya dilakukan secara manual sehingga dibutuhkan pengelolaan yang tepat untuk dapat menjaga ketersediaan arsip dimana arsip yang tersedia merupakan sumber informasi terutama dalam memberikan layanan administrasi yang bersumber pada informasi maupun dokumentasi.
Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan sumber data yang didapatkan dari staf tata usaha (bagian tata persuratan, sarana dan prasarana dan ketua tata usaha). Adapun teknik pengumpulan data yakni berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Begitu pula dengan teknik analisis yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini: (1) Untuk mengetahui sistem manajemen kearsipan yang diterapkan di SMAN 2 Ponorogo (2) Untuk mengetahui bagaimana pengelolaan dan pemeliharaan arsip yang ada di SMAN 2 Ponorogo (3) Untuk mengetahui bagaimana efektivitas penerapan manajemen kearsipan terhadap peningkatan pelayanan administrasi yang ada di SMAN 2 Ponorogo.
Berdasarkan kesimpulan dalam hasil penelitian ini adalah: (1) Sistem manajemen kearsipan di SMAN 2 Ponorogo mulai dari perencanaan dan evaluasi dilaksanakan pada awal tahun ajaran baru, jenis arsip yang dikelola berupa arsip kesiswaan, kepegawaian, keuangan, kurikulum, dll., pada penggunaan arsip memiliki ketentuan peminjaman melalui staf dan ketentuan yang tercantum pada buku agenda, kegiatan penyusutan dan pemusnahan yang dilaksanakan setiap 10 tahun sekali dengan membedakan penyusutan dan pemusnahan berdasarkan kategori, arsip rahasia akan dimusnahkan dengan dibakar sedangkan arsip umum akan diolah kembali untuk hasilnya dimanfaatkan bagi kepentingan sekolah. Dalam kegiatan manajemen kearsipan di SMAN 2 Ponorogo memiliki staf yang berperan yakni terdapat 2 petugas (1 pokok dan pembantu). (2) Pengelolaan dan pemeliharaan arsip di SMAN 2 Ponorogo memiliki prosedur dan aturan yang diterapkan oleh petugas dalam proses pelaksanaan pengelolaan dan pemeliharaan arsip. Pada sistem penataan arsip, tindakan penyelamatan arsip dan hal-hal yang berkaitan dengan faktor pendukung dan penghambat serta bentuk penyediaan sarpras dalam menunjang kegiatan manajemen kearsipan. (3) Efektivitas penerapan manajemen kearsipan di SMAN 2 Ponorogo berjalan efektif dalam meningkatkan layanan administrasi pendidikan, beberapa indikatornya yaitu: pada pencapaian target, telah tersedia dan mudah ditemukannya arsip/informasi yang dibutuhkan dalam bentuk soft maupun hard file. Pada kemampuan adaptasi, pengelolaan dan pemeliharaan arsip telah mengikuti perkembangan zaman dengan memanfaatkan media digital. Kepuasan kerja, dinilai dari adanya budaya saling membantu pada kegiatan manajemen kearsipan oleh staf tata usaha dan tanggung jawab, dimana petugas arsip selalu mengusahakan yang terbaik dalam memberikan pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ghafar
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:21
Last Modified: 22 Jun 2022 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19470

Actions (login required)

View Item View Item