Penerapan Strategi Small Group Discussion dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Kelas VII di MTs. Al-Islam Joresan Ponorogo

Diana, Irma Sufi (2022) Penerapan Strategi Small Group Discussion dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Kelas VII di MTs. Al-Islam Joresan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180112 IRMA SUFI DIANA PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Diana, Irma Sufi. 2022. Penerapan Strategi Small Group Discussion dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis Kelas VII di MTs. Al-Islam Joresan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati, M.Pd.I.
Kata Kunci: Small Group Discussion, Pemahaman Belajar, Al-Quran Hadis.

Tingkat pemahaman siswa merupakan hal utama yang hendak dicapai guru dalam kegiatan pembelajaran. Berbagai aspek dalam unsur-unsur kegiatan belajar mengajar memiliki pengaruh besar terhadap pemahaman. Diantaranya yaitu strategi pembelajaran yang efektif dan menyenangkan untuk menciptakan hasil yang maksimal. Strategi pembelajaran small group discussion termasuk strategi belajar berbentuk kelompok untuk mendiskusikan materi pelajaran ataupun permasalahan yang harus dipecahkan bersama. Diterapkannya strategi ini dapat membantu siswa dalam memahami materi dengan mudah dan lebih singkat, sehingga menjadikan adanya peningkatan pemahaman dan memberikan pengaruh terhadap kualitas hasil belajar siswa. Pemilihan lembaga MTs. Al-Islam Joresan dalam penelitian karena memiliki karakteristik berbasis pondok pesantren dan juga terdapat lembaga madrasah di mana mata pelajarannya saling berkaitan dengan kandungan al-Quran dan juga kitab-kitab salafiyah, sehingga dapat mendukung proses pelaksanaan penelitian ini yang mengulas pembelajaran mata pelajaran Al-Quran Hadis sehingga terasa penting bagi peneliti untuk melakukan penelitian di lembaga tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan mengenai proses pelaksanaan pembelajaran Al-Quran Hadis kelas VII B di MTs. Al-Islam Joresan, (2) mengungkap bahwa penerapan strategi small group discussion dapat meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas VII B di MTs. Al-Islam Joresan, (3) menganalisis hasil peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadis kelas VII B di MTs. Al-Islam Joresan dengan menggunakan strategi small group discussion.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan tindakan kelas. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan peneliti yaitu model Miles, Huberman dan Saldana yang meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan menggunakan ketekunan pengamatan, indikator keberhasilan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa: (1) pelaksanaan pembelajaran di MTs. Al-Islam Joresan menggunakan strategi atau metode ceramah dan berpacu terhadap buku pegangan guru atau LKS Al-Quran Hadis dalam menunjang proses pembelajaran, (2) penerapan strategi small group discussion dalam pembelajaran Al-Quran Hadis di MTs. Al-Islam Joresan dilaksanakan dalam dua siklus. Pelaksanaan setiap siklusnya terjadi peningkatan dalam proses diskusi dan hasil belajar siswa, hal tersebut dapat diketahui melalui peningkatan pemahaman siswa. Selama proses diskusi, siswa lebih antusias dan saling bertukar pendapat dalam memecahkan permasalahan dalam materi, (3) peningkatan pemahaman siswa dapat dilihat pada hasil belajar setelah diterapkannya strategi small group discussion. Pada pelaksanaan siklus I dari 30 siswa yang hadir terdapat 21 siswa yang memperoleh nilai di atas KKM dan 9 lainnya masih berada di bawah KKM, sedangkan pada siklus II diperoleh hasil dari 30 siswa yang hadir semuannya mendapatkan nilai di atas KKM, hal tersebut menunjukkan bahwa strategi small group discussion dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Rohmaturrosyidah Ratnawati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:35
Last Modified: 21 Jun 2022 08:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19462

Actions (login required)

View Item View Item