Nilai Pendidikan Moral dalam Film Negeri 5 Menara serta relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di MI

Puspitaningrum, Dian (2022) Nilai Pendidikan Moral dalam Film Negeri 5 Menara serta relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di MI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180154_DIAN PUSPITANINGRUM_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Puspitaningrum, Dian. 2022. Nilai Pendidikan Moral dalam Film Negeri 5 Menara serta relevansinya dengan Materi Akidah Akhlak di MI. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, M. Fathurahman, M.Pd.I

Kata kunci : Pendidikan Nilai Moral, Film Negeri 5 Menara, Materi Akidah Akhlak.

Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya nilai pendidikan moral pada anak-anak MI saat ini. Pendidikan moral pada anak-anak dapat dilihat dari lingkungan sekitar yang kurang melakukan pembiasaan perilaku moral yang baik dalam bertingkah laku dan beretika di kehidupan sehari-hari. Sehingga pentingnya penanaman pendidikan moral pada anak didukung dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, penanaman nilai pendidikan moral terhadap anak-anak MI saat ini sudah bisa dilakukan dengan melalui media cetak maupun media audio visual. Jika menggunakan media cetak bisa dengan majalah, buku, novel, komik, dan lain sebagainya. Sedangkan jika menggunakan media audio visual bisa dengan televisi, radio, internet, film, dan lain sebagainya. Dan perkembangan film di Indonesia saat ini terus meninggkat dikagumi banyak orang, terutama film yang dimainkan oleh anak muda seperti Film Negeri 5 Menara. Film Negeri 5 Menara ini merupakan film anak santri yang banyak akan nilai-nilai pendidikan moralnya, dengan adanya film ini dapat membantu pendidik dan orang tua dalam mengenalkan nilai pendidikan moral pada anak-anak.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan nilai pendidikan moral yang terkandung dalam Film Negeri 5 Menara.(2) untuk mendeskripsikan relevansi nilai pendidikan moral dengan materi akidah akhlak di MI.
Pendekatan penelitian yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah kajian pustaka atau (library research), sumber data primer yang digunakan adalah Film Negeri 5 Menara, buku ajar atau materi pembelajaran Akidah Akhlak. Sedangkan sumber data sekundernya adalah buku, jurnal, maupun sumber lain yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik dokumentasi. Dan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis).
Hasil penlitian ini menunjukan bahwa: (1) Nilai Pendidikan Moral dalam Film Negeri 5 Menara terdapat 16 nilai yaitu meliputi: Bersyukur, Taat kepada Allah Swt, Taat kepada Orangtua, Sopan Santun, Pantang Menyerah, Tolong Menolong, Amanah, Sabar, Jujur, Adab Bertamu, Teguh pendirian, Dermawan, Disiplin, Tanggung Jawab, dan Bijaksana. (2) Relevansinya Nilai Pendidikan Moral dalam Film Negeri 5 Menara dengan Materi Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah sangat relevan dan bagus jika diterapkan langsung dalam pembelajaran materi Akidah Akhlak peserta didik di MI. Dengan film Negeri 5 Menara juga mempermudah pendidik dalam menyampaikan nilai pendidiikan moral yang terkandung dalam film Negeri 5 Menara dan mempermudah peserta didik dalam menyerap nilai pendidiikan moral yang terkandung dalam film Negeri 5 Menara sehingga akan memberikan dampak positif bagi peserta didik MI dan dapat di jadikan contoh teladan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Fathurahman
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:33
Last Modified: 21 Jun 2022 08:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19458

Actions (login required)

View Item View Item