Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV SDN Sukowinangun 1 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022

Muhatin, Erna Dwi (2022) Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi pada Siswa Kelas IV SDN Sukowinangun 1 Magetan Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180166_ERNA DWI MUHATIN_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Muhatin, Erna Dwi, 2022. Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas IV SDN Sukowinangun 1 Magetan tahun ajaran 2021/2022. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibthidaiyah Fakulitas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo, Pembimbing : Berlian Pancarani, M.Pd.
Kata kunci : Penguasaan kosakata, keterampilan menulis karangan narasi

Penguasaan kosakata adalah perbendaharaan kata yang dimiliki oleh seseorang. Penguasaan kosakata sangat berpengaruh terhadap ketrampilan berbahasa seseorang, semakin banyak kosakata yang dimiliki seseorang maka semakin terampil seseorang tersebut dalam berbahasa (berbicara, menulis, membaca dan menyimak). Termasuk dalam kegiatan menulis, ketika seseorang memiliki penguasaan kosakata yang baik, maka seseorang tersebut akan memiliki ketrampilan menulis yang baik. Ketika peneliti melakukan observasi di kelas IV SDN Sukowinangun 1 Magetan, peneliti menjumpai siswa yang mengalami kesulitan dalam memilih kata untuk menyusun kalimat, rendahnya perbendaharaan kata yang dimiliki siswa, rendahnya minat siswa dalam menulis karangan narasi, serta beberapa nilai siswa yang belum mencapai ketuntasan pada mata pelajaran bahasa Indonesia. Dalam menulis karangan narasi, siswa cenderung kesulitan memilih dan menentukan kata yang akan digunakannya dalam menyusun kalimat.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) untuk mengetahui penguasaan kosakata siswa kelas IV SDN Sukowinangun 1 Magetan tahun ajaran 2021/2022, 2) untuk mengetahui keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Sukowinangun 1 Magetan tahun ajaran 2021/2022, 3) untuk mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis siswa kelas IV SDN Sukowinangun 1 Magetan tahun ajaran 2021/2022.
Guna menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif serta dilaksanakan di SDN Sukowinangun 2 Magetan. Ada 60 siswa dan terdiri dari 2 kelas yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Sampel ini diambil semua karena jumlahnya kurang dari 100. Penelitian ini menggunakan tes sebagai instrumen dalam pengumpulan data.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa 1) hasil tes penguasaan kosakata dengan rata – rata skor yang diperoleh siswa mencapai 63,36 dengan persentase 33,34%, angka ini masuk ke dalam kategori tingkat ketercapaian yang cukup baik, , 2) hasil tes ketrampilan menulis karangan narasi dengan rata rata skor yang diperoleh siswa mencapai 63,98 dengan presentase 41,67%, angka ini masuk kedalam kategori tingkat ketercapaian yang cukup baik, dengan demikian dapat dikatakan bahwa siswa kelas IV SDN Sukowinangun 1 Magetan mampu dalam menulis karangan narasi, 3) hasil uji korelasi yang dilakukan oleh peneliti dengan taraf signifikansi sebesar 0,514. Dengan taraf signifikansi keeratan antara 0,40 sampai dengan 0,599 memiliki tingkat keeratan yang sedang. Sedangkan rtabel pada taraf signifikansi 5% dan N=60 adalah 0,254. Hasil analisis tersebut terlihat bahwa nilai rhitung lebih besar dari pada rtabel (0,514 > 0,254) dengan demikian dapat dikatakan bahwa hasil analisis korelasi tampak bahwa ada hubungan antara penguasaan kosakata dengan ketrampilan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV SDN Sukowinangun 1 Magetan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Berlian Pancarrani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:32
Last Modified: 21 Jun 2022 08:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19454

Actions (login required)

View Item View Item