Pengaruh Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Siswa Kepada Guru di MTs Miftahul Ulum Batok, Gemarang Madiun

Sari, Intan Nopita (2022) Pengaruh Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Keteladanan Guru Terhadap Akhlak Siswa Kepada Guru di MTs Miftahul Ulum Batok, Gemarang Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180110_INTAN NOPITA SARI-PENDIDIKAN AGAMA ISLAM-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Akhlak menjadi suatu yang akan membuat seseorang mendapatkan kebahagiaan di dunia maupun di akhirat. Tujuan pokok dari akhlak ialah agar setiap muslim memiliki budi pekerti. Secara umum akhlak dibagi menjadi dua, yaitu akhlak mulia dan akhlak tercela. Akhlak mulia harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Keluarga merupakan aspek penting untuk menanamkan karakter/akhlak pada anak sehingga anak memiliki akhlak yang baik. Selain keluarga, peran seorang guru juga sangat mempengaruhi akhlak anak, yaitu melalui keteladanan. Keteladanan guru secara langsung mempengaruhi perkembangan karakter/akhlak siswa dan juga memiliki hubungan timbal balik. Dengan demikian, keluarga dan guru sangat berperan penting dalam membentuk akhlak mulia siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Menganalisis pengaruh pendidikan islam dalam keluarga terhadap akhlak siswa kepada guru di MTs. Miftahul Ulum Batok, Gemarang, Madiun. 2) Menganalisis pengaruh keteladanan guru terhadap akhlak siswa kepada guru di MTs. Miftahul Ulum Batok, Gemarang, Madiun. 3) Menganalisis pengaruh pendidikan Islam dalam keluarga dan keteladanan guru terhadap akhlak siswa kepada guru di MTs. Miftahul Ulum Batok, Gemarang, Madiun.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan responden sebanyak 30 siswa MTs. Miftahul Ulum Batok, Gemarang Madiun. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier sederhana dan regresi linier berganda.
Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Ada pengaruh secara signifikan antara pendidikan Islam dalam keluarga terhadap akhlak siswa kepada guru di MTs. Miftahul Ulum Batok, Gemarang Madiun dengan diperoleh Fhitung = (14,579) > Ftabel = (3,34) dengan pengaruh sebesar (34,2%), 2) Ada pengaruh secara signifikan antara keteladanan guru terhadap akhlak siswa kepada guru di MTs. Miftahul Ulum Batok, Gemarang Madiun. Berdasarkan nilai F dari tabel anova diperoleh Fhitung = (13,051) > Ftabel = (3,34) dengan pengaruh sebesar (31,8%) , 3) Ada pengaruh secara signifikan antara pendidikan Islam dalam keluarga dan keteladanan guru terhadap akhlak siswa kepada guru di MTs. Miftahul Ulum Batok, Gemarang Madiun. Berdasarkan nilai F dari tabel anova diperoleh Fhitung = (11,437) > Ftabel = (3,34) dengan pengaruh sebesar (45,9%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha unrejected (tidak ditolak).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Ali
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:20
Last Modified: 22 Jun 2022 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item View Item