Konsep Childfree Perspektif Pendidikan Keluarga dalam Islam

Azizah, Alda Ismi (2022) Konsep Childfree Perspektif Pendidikan Keluarga dalam Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ALDA ISMI AZIZAH 201180264 Ethesis Revisi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Azizah, Alda Ismi. 2022. Konsep Childfree Perspektif Pendidikan Keluarga dalam Islam. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd.I.

Kata Kunci: Childfree, Pendidikan Keluarga dalam Islam

Penelitian ini membahas tentang konsep childfree pada perspektif pendidikan keluarga dalam Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi dari derasnya arus globalisasi hingga membawa pengaruh pemikiran masyarakat dunia barat menuju masyarakat dunia timur perihal penolakan individu atau pasangan menikah terhadap keberlanjutan keturunan. Padahal, mayoritas masyarakat timur adalah masyarakat beragama yang memiliki ketetapan dari masing-masing kitab suci, khususnya Islam, yang memandang anak sebagai makhluk istimewa titipan Tuhan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menjelaskan konsep childfree perspektif pendidikan keluarga dalam Islam; (2) menjelaskan implikasi konsep childfree terhadap pembentukan keluarga islami.
Penelitian ini menggunakan metode library reseacrh atau studi kepustakaan dengan deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan datanya adalah studi literatur disertai analisis mendalam terhadap isi informasi yang tersedia pada sumber data yang diperoleh mengenai konsep childfree perspektif pendidikan keluarga dalam Islam. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data sekunder yang diperoleh dalam buku, jurnal, media masa, serta berbagai penelitian terdahulu. Sedangkan terknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisi isi atau analysis content.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, dapat diketahui bahwa kegagalan orang tua menghadirkan rasa aman dan nyaman dengan kehangatan dalam diri anak-anak mereka dapat menjadikan seorang anak tumbuh menjadi individu yang memiliki banyak kekhawatiran hingga ketakutan yang mendalam, bahkan terhadap konsep keluarga itu sendiri, hingga akhirnya memilih menjadi childfree sebagai keputusan individu untuk tidak memiliki keturunan atau bahkan menolak pernikahan. Namun, keputusan ini tidak sepenuhnya dibenarkan, khusunya dalam Islam. Berbagai tokoh agama mengemukakan bahwa childfree adalah hal tidak lazim, atau bahkan dikatakan sakit fitrahnya sebagai manusia, mengingat begitu banyak ayat al-Qur’an serta sabda Nabi Muhammad Saw. yang menyebutkan kemuliaan dari pernikahan dan memiliki anak sebagai pelanjut garis keturunan. Beberapa dampak/implikasi yang diakibatkan dari keputusan tersebut setidaknya terbagi menjadi tiga ranah, yakni teologis, biologis, dan sosiologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kharisul Wathoni
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:20
Last Modified: 22 Jun 2022 02:20
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19448

Actions (login required)

View Item View Item