...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI,UPLOAD ULANG)...Implementasi Kepemimpinan Unit Kegiatan Mahasiswa Bela Diri Dalam Pengembangan Karakter Tanggung Jawab (Studi Kasus Di IAIN Ponorogo)

Khayun, Djati Setianing (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI,UPLOAD ULANG)...Implementasi Kepemimpinan Unit Kegiatan Mahasiswa Bela Diri Dalam Pengembangan Karakter Tanggung Jawab (Studi Kasus Di IAIN Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
206180012 Djati Setianing Khayun.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Khayun, Djati Setianing. 2022. Implementasi Kepemimpinan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Dalam Pengembangan Karakter Tanggung Jawab (Studi Kasus Di IAIN Ponorogo). Skripsi. Jurusan Manajemen Pendidkan Islam Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Ahmadi, M.Ag.
Kata Kunci : Implementasi Kepemimpinan, Karakter Tanggung Jawab
Akibat pengaruh modernitas membuat budaya menjadi hedonis dan kapitalis, sehingga karakter sebagian besar mahasiswa di perguruan tinggi justru terdegresi. Begitu juga dalam sebuah organisasi karakter sangat berperan penting untuk kemajuan organisasi, khususnya karakter tanggung jawab. Selain itu mahasiswa yang berperan sebagai agen perubahan dan juga penerus estafet dilingkup nasional atau regional, tetapi hari ini kita melihat banyak mahasiswa yang acuh dengan organisasi kampus, mereka tidak tahu dengan mengikuti organisasi dapat memberikan banyak ilmu dan pembelajaran yang akan menjadi bekal saat terjun di masyarakat.
Peneliti mengadakan penelitian dengan tujuan untuk mendeskripsikan: (1) Nilai-nilai karakter tanggung jawab personal dan sosial dalam kepemimpinan UKM Bela Diri IAIN Ponorogo. (2) Penerapan kepemimpinan UKM Bela Diri IAIN Ponorogo dalam pengembangan karakter tanggung jawab personal dan sosial. (3) Dampak penerapan kepemimpinan UKM Bela Diri dalam pengembangan karakter tanggung jawab personal dan sosial.
Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik yang dipilih dalam analisis ini yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data untuk menarik kesimpulan dari data yang dikumpulkan.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Nilai-nilai karakter tanggung jawab yang dikembangkan di UKM Bela Diri meliputi (a) karakter tanggung jawab personal seperti menjaga kehormatan diri dengan berkata dan bertingkah laku yang baik, menepati janjimemiliki komitmen pada tugas berupa menjaga sarana prasarana, mengakui semua perbuatan ketika melakukan kesalahan, menepati janji, harus berani menanggung resiko, jujur, amanah, menyampakan kebaikan, dan cerdas, (b) karakter tanggung jawab sosial seperti senantiasa berbicara benar, menghindari sifat iri dengki, bersikap adil dan tidak sombong. (2) Penerapan yang diterapkan di UKM Bela Diri meliputi (a) program kerja yang terdiri dari sekolah keorganisasian, TC arutin, dialog kerohanian dan (b) memberikan contoh yang baik dengan cara pengurus menunukkan sikap atau tindakan yang baik agar bisa menjadi contoh untuk anggota. (3) Dampak penerapan kepemimpinan dalam pengembangan karakter tanggung jawab di UKM Bela Diri yaitu: memiliki dampak yang positif, karena selain pandai pencak silat juga mempunyai sikap karakter yang baik terutama karakter tanggung jawab terhadap diri sendiri maupun sosial dan juga dampak dirasakan setiap pergantian masa jabatan dengan adanya peningkatan program kerja yang sebelumnya tidak terlaksana menjadi terlaksana.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:30
Last Modified: 21 Jun 2022 08:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19445

Actions (login required)

View Item View Item