...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PERBEDAAN PERSEPSI SISWA PADA PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM BELAJAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR DI SDN PUNTUKDORO 2

Nandia, Alfi Jannathi (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...PERBEDAAN PERSEPSI SISWA PADA PENDAMPINGAN ORANG TUA DALAM BELAJAR DITINJAU DARI KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR DI SDN PUNTUKDORO 2. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180005_ALFI JANNATHI NANDIA_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nandia, Alfi Jannathi. 2022. Perbedaan Persepsi Siswa pada Pendampingan Orang Tua dalam Belajar ditinjau dari Kemandirian dan Minat Belajar di SDN Puntukdoro 2. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si.
Kata kunci : Minat Belajar, Kemandirian Siswa, Pendampingan Belajar

Skripsi ini berjudul “Perbedaan Persepsi Siswa pada Pendampingan Orang Tua dalam Belajar ditinjau dari Kemandirian dan Minat Belajar di SDN Puntukdoro 2.” Dalam lingkungan keluarga, orang tua memiliki peran penting dalam kehidupan anaknya, sebab sebagian besar waktu yang dimiliki anak dihabiskan dalam lingkungan keluarga. Pendampingan yang dilakukan oleh orang tua terhadap aktivitas belajar siswa akan sangat berpengaruh terhadap hasil dan pencapaian belajarnya. Maka dari itu, orang tua dapat melakukan pendampingan dengan menyediakan fasilitas belajar di rumah, memberikan dukungan dan motivasi, melakukan pemantauan dan pengawasan terhadap proses belajar siswa, dan membantu kesulitan yang dialami oleh siswa ketika belajar. Sehingga semua itu menjadi suatu kunci yang diperlukan dalam mencapai keberhasilan belajar siswa.
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui upaya orang tua dalam mendampingi belajar siswa di SDN Puntukdoro 2, 2) mengetahui perbedaan persepsi siswa pada pendampingan belajar ditinjau dari kemandirian siswa menurut persepsi siswa di SDN Puntukdoro 2, 3) mengetahui perbedaan persepsi dari pendampingan belajar ditinjau dari minat belajar menurut persepsi siswa di SDN Puntukdoro 2. Untuk mengetahui hal tersebut, maka digunakan analisis ANOVA & MANOVA.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dilakukan dengan metode survey dengan jumlah subjek dalam penelitian ini yaitu sebanyak 62 siswa yaitu 30 siswa berada di kelas 4 dan 32 siswa berada di kelas 5. Penilaian statistik dilakukan dengan menggunakan kuesioner, selanjutnya diolah dengan menggunakan bantuan program SPSS 24.
Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) tidak ada perbedaan persepsi pendampingan orang tua dalam belajar ditinjau dari kemandirian siswa menurut persepsi siswa di SDN Puntukdoro 2. Hal tersebut ditandai dengan nilai F hitung sebesar 2.158 kurang dari 3.153 (F tabel) dan nilai Sig. sebesar 0.125 lebih dari 0.05. Selanjutnya 2) tidak ada perbedaan persepsi pendampingan orang tua dalam belajar ditinjau dari minat belajar siswa menurut persepsi siswa di SDN Puntukdoro 2. Hal tersebut ditandai dengan nilai F hitung diperoleh sebesar 1.111 kurang dari 3.153 (F tabel) dan nilai Sig. sebesar 0.895 lebih dari 0.05. Selain itu 3) secara simultan diperoleh pula bahwa tidak ada perbedaan persepsi pendampingan orang tua dalam belajar ditinjau dari kemandirian dan minat belajar siswa menurut persepsi siswa di SDN Puntukdoro 2. Hal tersebut ditandai dengan nilai signifikansi dari Pillai‟s Trace, Wilks‟ Lambda, Hotelling‟s Trace lebih besar dari 0.05.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:27
Last Modified: 21 Jun 2022 08:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19443

Actions (login required)

View Item View Item