Upaya Guru Dalam Penanaman Nilai Sosial Sikap Emptai Pada Pembelajaran IPS Materi Interaksi Sosial (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo

Ramadhani, Aulia Ayu (2022) Upaya Guru Dalam Penanaman Nilai Sosial Sikap Emptai Pada Pembelajaran IPS Materi Interaksi Sosial (Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
AULIA AYU RAMADHANI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manusia merupakan makhluk sosial yang tidak hidup sendiri dan saling membutuhkan satu dengan yang lain untuk memenuhi kebutuhan akan sandang, pangan dan papan, selain kebutuhan pokok tersebut manusia juga membutuhkan akan pendidikan dan kesehatan, kebutuhan-kebutuhan akan kasih sayang. Oleh sebab itu manusia perlu memiliki sikap empati sebagai bentuk rasa kasih sayang dan peduli dengan sesama untuk menunjang kehidupan masyarakat yang nyaman, tentram, dan harmonis. Namun sangat disayangkan siswa di SMP Negeri 1 Sambit masih ditemukan beberapa siswa yang masih rendah akan kepedulian terhadap sesama. Maka dari itu untuk menanamkan sikap empati terhadap siswa diperlukan upaya guru, salah satu upaya guru dalam penanaman nilai sosial sikap empati yaitu melalui materi interaksi sosial pada pembelajaran IPS.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan upaya guru sebagai teladan dalam penanaman nilai sosial sikap empati siswa pada pembelajaran IPS materi interaksi sosial kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. (2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai sosial sikap empati siswa pada pembelajaran IPS materi interaksi sosial kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo. (3) mendeskripsikan dampak penanaman nilai sosial sikap empati siswa pada pembelajaran IPS materi interaksi sosial kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo.
Untuk menjawab pertanyaan diatas, penelitian ini dirancang dengan rancangan metode penelitian kualitatif. Pengambilan data yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo dengan metode dokumentasi, observasi, dan wawancara yang dilakukan berulang kali. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis deskriptif yang mencangkup kata-kata dan kalimat dari informan narasumber dan tindakan dari objek penelitian.
Berdasarkan hasil analisis data ditemukan bahwa (1) Upaya guru sebagai teladan dalam penanaman nilai sosial sikap empati siswa pada pembelajaran IPS materi interaksi sosial kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo yaitu pertama, mengaitkan materi pembelajaran interaksi sosial yang sedang dibahas dengan kehidupan sehari-hari. Kedua, teladan atau contoh langsung kepada siswa ketika dalam proses pembelajaran. Ketiga, melalui diskusi pada saat proses pembelajaran IPS. (2) Adapun faktor pendukung dan penghambatnya yaitu Teladan guru, pembiasaan baik dan pemanfaatan materi pembelajaran. Selain faktor pendukung terdapat juga faktor penghambat upaya guru dalam penanaman nilai sosial sikap empati siswa diantaranya: Pola asuh orangtua di rumah, faktor internal siswa dan pembelajaran daring akibat covid 19. (3) Dampak penanaman nilai sosial sikap empati siswa pada pembelajaran IPS materi interaksi sosial kelas VII SMP Negeri 1 Sambit Ponorogo, berdampak positif hal ini sesuai dengan sikap empati yang tercermin setelah upaya penanaman sikap empati sikap empati ini sudah tampak dari sikap siwa yang lebih ringan tangan dan saling membantu dalam kebaikan tanpa adanya perintah dari guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Syafiq Humaisi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 08:01
Last Modified: 21 Jun 2022 08:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19438

Actions (login required)

View Item View Item