..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV MI NURUL ISLAM KECAMATAN KEBONSARI

Rahayu, Esti Eka (2022) ..(GUNAKAN SCAN WARNA PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, DAN KEASLIAN TULISAN, TAMBAHKAN LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV MI NURUL ISLAM KECAMATAN KEBONSARI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 203180167 ESTI EKA RAHAYU PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Rahayu, Esti Eka. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Quantum Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS pada Mata Pelajaran IPS di Kelas IV MI Nurul Islam Kecamatan Kebonsari. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Athok Fuadi, M.Ag
Kata Kunci : Quantum Learning, Hasil Belajar, IPS.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran IPS di kelas IV MI Nurul Islam Kecamatan Kebonsari dilihat dari nilai siswa UTS dan UAS yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) adalah 70. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan menggunakan model pembelajaran yang konvesional sehingga guru membuat siswa merasa jenuh dan kurang memperhatikan guru.Hal ini mengakibatkan pada hasil belajar siswa yang belum mencapai nilai KKM yang ditentukan oleh sekolah.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS menggunakan model pembelajaran Quantum Learning pada siswa kelas IV MI Nurul Islam Kecamatan Kebonsari.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara bertahap dengan dua siklus perencanaan. Satu siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, obsevasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Nurul Islam Kecamatan Kebonsari yang berjumlah 12 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Learning pada mata pelajaran IPS siswa mampu mendapatkan nilai rata-rata pada aspek kognitif sebesar 75 pada siklus I serta siklus II sebesar 83,33. Dengan selisih peningkatan sebesar 8,33. Kemudian hasil presentase juga menunjukkan nilai belajar dari segi kognitif sebesar 75% , pada siklus I dan pada siklus II sebesar 100%. Sehingga dapat dilihat dengan jelas bahwa presentase perbandingan antara siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 25%. Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Quantum Learning dapat meningkatkan hasil belajar, khususnya pada mata pelajaran IPS.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Athok Fu'adi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 02:13
Last Modified: 22 Jun 2022 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19432

Actions (login required)

View Item View Item