,,,(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSEUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Penguatan Literasi Pembelajaran IPS Dalam Menghadapi Perubahan Sosial Budaya Generasi Z Era 4.0 (Studi Kasus Kelas IX A MTsN 6 Sampung Ponorogo)

Khoirunnida, Fatma Laili (2022) ,,,(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSEUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Penguatan Literasi Pembelajaran IPS Dalam Menghadapi Perubahan Sosial Budaya Generasi Z Era 4.0 (Studi Kasus Kelas IX A MTsN 6 Sampung Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
208180019_Fatma Laili Khoirunnida_Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Fatma Laili, Khoirunnida. 2022.Penguatan Literasi Pembelajaran IPS Dalam Menghadapi
Perubahan Sosial Budaya Generasi Z Era Revolusi Industri 4.0 (Studi Kasus Kelas IX A
MTsN 6 Sampung Ponorogo), Skripsi. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas
Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Prof. Dr.
Hj. S.Maryam Yusuf, M.Ag.
Kata kunci: Literasi, Era Revolusi Industri 4.0, Generasi Z, IPS Terpadu
Kebutuhan sumber daya manusia era revolusi industri 4.0 abad 21 menuntut peserta didik
menjadi manusia unggul, fenomena disrupsi menginginkan kemampuan manusia yang cepat
beradaptasi dengan kebutuhan global terutama pada bidang IPTEK. Menanggapi peristiwa tersebut
guru IPS di MTsN 6 Ponorogo sebagai figur utama pengembangan peserta didik dalam pendidikan
sosial melakukan pembentukan program salah satunya dari penyaluran literasi. Aktivitas literasi
kepada peserta didik ditujukan memicu terbentuknya kreatifitas dan sikap kritis dari diri mereka
dalam menghadapi perubahan sosial budaya era revolusi industri 4.0.
Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) menganalisis bentuk kegiatan penguatan literasi
pembelajaran IPS dalam menghadapi perubahan sosial budaya generasi Z era 4.0 di kelas IX A
MTsN 6 Sampung Ponorogo (2) menganalisis faktor pendukung dan penghambat penguatan literasi
pembelajaran IPS dalam menghadapi perubahan sosial budaya generasi Z era 4.0 di kelas IX A
MTsN 6 Sampung Ponorogo (3) menganalsis perubahan yang terjadi pada siswa setelah gerakan
literasi pembelajaran IPS dalam menghadapi perubahan sosial budaya generasi Z era 4.0 di MTsN 6
Sampung Ponorogo. Bentuk upaya menjawab pertanyaan diatas, dilakukan penelitian yang memiliki
rancangan metode kualitatif. Pelaksanaan pengambilan data dilaksanakan di MTsN 6 Ponorogo
melalui metode obervasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan beberapa kali agar
mendapatkan data valid dan reliebel.
Berdasarkan perolehan hasil analisis data penelitian ditemukan bahwa (1) pengupayaan
penguatan literasi era 4.0 kepada peserta didik yang mayoritas generasi Z dilakukan dengan bantuan
beberapa pendekatan seperti pendekatan komunikatif, CBSA, integratif, ketrampilan proses, ilmu,
masyarakat dan teknologi yang dituangkan dalam gerakan literasi sekolah mulai dari literasi dini,
literasi dasar, literasi library, literasi media, literasi teknologi dan literasi viasual (2) penerapan
penguatan literasi pada kenyataannya memiliki faktor penghambat baik dari internal maupun
eksternal seperti kurangnya motivasi, pengaruh lingkungan dan keterbatasan fasilitas baik di sekolah
ataupun di rumah masing-masing anak (3) hasil kegiatan penguatan literasi dengan menggunakan
bentuk literasi dini, literasi dasar, literasi library, literasi media, literasi teknologi dan literasi viasual
membawa peserta didik lebih sadar dan paham akan pentingnya membaca, inovatif dan saling
memanusiakan maunisia saat ini. Mereka kini telah mampu menanamkan nilai, norma, moral dan
cinta kebudayaan lokal kepada dirinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Siti Maryam Yusuf
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:54
Last Modified: 21 Jun 2022 07:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19426

Actions (login required)

View Item View Item