...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LENGKAPI TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengajaran Materi Shalat Dalam Meningkatkan Shalat Berjama’ah Siswa Di Madrasah Diniyah Baiturrahman Dusun Penanggungan Desa Koripan Bungkal Ponorogo

Fatkhurrahman, Muhammad Aziz (2000) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN LENGKAPI TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengajaran Materi Shalat Dalam Meningkatkan Shalat Berjama’ah Siswa Di Madrasah Diniyah Baiturrahman Dusun Penanggungan Desa Koripan Bungkal Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
201180155 MUHAMMAD AZIZ FATKHURRAHMAN PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fatkhurrahman, Muhammad Aziz. 2022 Pengajaran Materi Shalat Dalam Meningkatkan Shalat Berjama’ah Siswa Di Madrasah Diniyah Baiturrahman Dusun Penanggungan Desa Koripan Bungkal Ponorogo. Skirpsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Kata kunci: Pengajaran, Materi Shalat, Shalat Berjama’ah.
Penelitian mengenai pengajaran materi shalat terhadap pelaksanaan kegiatan shalat berjama’ah siswa di Madrasah Diniyah Baiturrahman sangatlah penting dikaji karena untuk memahamkan siswa terhadap pelaksanaan kegiatan shalat berjama’ah. Maka dari itu Madrasah Diniyah Baiturrahman Ponorogo memberikan pengajaran yang mampu meningkatkan pengetahuan siswa terhadap pelaksanaan kegiatan shalat berjama’ah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk menjelaskan pengajaran materi shalat terhadap pelaksanaan kegiatan shalat berjama’ah siswa di Madrasah Diniyah Baiturrahman, (2) Untuk menjelaskan implikasi pengajaran materi shalat terhadap pelaksanaan kegiatan shalat berjama’ah siswa di Madrasah Diniyah Baiturrahman, (3) Untuk menjelaskan faktor pendukung dan penghambat pengajaran materi shalat terhadap pelaksanaan kegiatan shalat berjama’ah siswa di Madrasah Diniyah Baiturrahman.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Jenis pendekatan yang digunakan yaitu studi kasus. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun tekbik analisis data yang digunakan adalah deduktif dan induktif dengan proses mereduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa, (1) Implikasi materi shalat dengan kegiatan shalat berjama’ah di Madrasah Diniyah yaitu keterkaitan/ keterlibatan antara materi shalat yang diberikan/ diajarkan oleh ustaz dan ustazah dengan melalui pelaksanaan kegiatan shalat berjama’ah. (2) Adapun materi shalat yang diberikan oleh ustaz dan ustazah yaitu berupa tata cara shalat berjama’ah, tata aturan/ langkah shalat berjama’ah, Pelafadzan do’a, Pelafadzan niat, dan Pelafalan bacaan shalat. (3) Dalam faktor pendukung pengajaran di Madrasah Diniyah Baiturrahman ini terbagi menjadi dua yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Pada faktor intern, pertama dipengaruhi keinginan yang kuat dari guru itu sendiri. kedua, dipengaruhi oleh keinginan dari anak-anak itu sendiri untuk ikut belajar mengaji. Pada Faktor Ekstern, dipengaruhi oleh faktor lingkungan yaitu temannya sendiri. Kedua, faktor orang tua untuk mengikutkan anaknya di Madrasah Diniyah. Faktor penghambatnya yaitu, kurangnya fasilitas ibadah (sarana dan prasarana) dan ketidakpahaman siswa terhadap tingginya nilai dan keutamaan shalat berjama’ah

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ERWIN YUDI PRAHARA
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:48
Last Modified: 21 Jun 2022 07:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19424

Actions (login required)

View Item View Item