UPAYA ASATID DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRIWATI MELALUI PENDAMPINGAN BELAJAR MALAM DI PONDOK PESANTREN AL IMAN PUTRI PONOROGO

Fatima, Salsabila (2022) UPAYA ASATID DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SANTRIWATI MELALUI PENDAMPINGAN BELAJAR MALAM DI PONDOK PESANTREN AL IMAN PUTRI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SALSABILA FATIMA_201180436_Ethesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fatima, Salsabila. 2022. Upaya Asatid untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Santriwati melalui Pendampingan Belajar Malam di Pondok Pesantren Al Iman Putri Babadan Ponorogo. Skripsi, progam stratasatu (S1), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institute Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Lia Amalia. S.Mi.

Kata Kunci : Pendampingan belajar, Peningkatan prestasi belajar

Pondok Pesantren Al Iman Putri sebuah lembaga pendidikan islam yang di bawah naungan Departemen Agama dengan mengambil progam pendidikan KMI (Kulliyatul Muallimat Al Islamiyah) dan Depag (Departemen Agama). Pembagian waktu antara kegiatan yang harus diikuti santriwati dan kewajiban untuk belajar harus seimbang maka dari itu di laksanakan pendampingan belajar secara terbimbing oleh segenap asatid pada setiap malamnya secara terjadwal. Hal ini dilakukan untuk memberi pengertian dan menyadarkan kepada segenap santriwati agar mereka faham dan mengerti bahwa belajar itu merupakan kewajiban di tengah keanekaragaman kegiatan yang harus mereka ikuti. Seorang pendamping berarti ia seorang pendidik yang memberikan suri tauladan kepada para peserta didik akan pentingnya menuntut ilmu dengan adanya pendampingan belajar secara terbimbing yang dilaksanakan pada malam hari secara terjadwal oleh segenap asatid bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar santriwati agar lebih baik dan hasilnya maksimal.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui latar belakang adanya pendampingan belajar malam santriwati di pondok pesantren Al Iman Putri, (2) untuk mengetahui cara asatid pondok pesantren Al Iman Putri dalam meningkatkan prestasi santriwati melalui belajar malam, (3) untuk mengetahui manfaat dari penerapan pendampingan belajar malam dalam meningkatkan prestasi santriwati pondok pesantren Al Iman Putri.
Untuk menjawab tujuan di atas, peneliti menggunakan teknik kualitatif yaitu proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan dan bahan-bahan lain.
Hasil analisis data ditemukan (1) Latar belakang adanya pendampingan belajar belum tumbuh adanya kesadaran untuk santriwati belajar secara mandiri maka, harus di tarjet, dipaksa dan dituntut akhirnya munculah ide pendampingan belajar malam secara terbimbing, dimana setiap malamnya para dewan guru mengawasi, membimbing serta menarjet para santriwati untuk belajar dan menghafal guna meningkatkan prestasi belajar santriwati. (2) Proses asatid pondok pesantren Al Iman dalam meningkatkan prestasi santriwati melalui belajar malam dengan menerapkan peraturan belajar malam dengan reward dan punishement yang akhirnya akan menerapkan sikap disiplin, membuat target hafalan dan target mengerjakan soal-soal sesuai dengan mata pelajaran. (3) Manfaat dari penerapan pendampingan belajar malam terhadap prestasi santriwati pondok pesantren Al Iman Putri sangat banyak sesuai dengan mata pelajarannya dari nahwu dan shorof santriwati menjadi paham tata bahasa arab dengan baik, dengan mempelajari mahfudlot dapat memberikan muatan yang apabila ditanamkan dalam diri dan kehidupan akan menjadi falsafah hidup, dengan mempelajari tarikh islam santriwati akan mengerti asal-usul khazanah serta kebudayaan pada masa islam terdahulu serta dapat mengambil ibrah dari kejadian-kejadian perjuangan, dengan menghafalkan hadist santriwati bisa memilah dan memilih hukum-hukum dalam Al-Qur’an karna dilihat dari fungsinya hadist dengan Al-Qur’an sangatlah berkaitan yakni sebagai pedoman hidup agama islam, dengan menghafal muthola’ah santriwati bisa meneladani kisah-kisah kehidupan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:47
Last Modified: 21 Jun 2022 07:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19423

Actions (login required)

View Item View Item