TINJAUAN KELUARGA SAKINAH TERHADAP IMPLEMENTASI KEHARMONISAN KELUARGA JAMA'AH TABLIGH DI DESA TEMBORO KABUPATEN MAGETAN

MUCHTAR, MISBAHUDDIN ARIQ (2022) TINJAUAN KELUARGA SAKINAH TERHADAP IMPLEMENTASI KEHARMONISAN KELUARGA JAMA'AH TABLIGH DI DESA TEMBORO KABUPATEN MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
210115025_Misbahuddin Ariq Muchtar_HKI.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Muchtar, Misbahuddin Ariq. 2022. Tinjauan Keluarga Sakinah Terhadap Implementasi Keharmonisan Keluarga Jama’ah Tabligh di Desa Temboro Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Shofwatul Aini, M.S.I.

Kata Kunci: Sakinah, Jama’ah Tabligh, Keluarga.
Keselarasan dan keserasian di dalam keluarga dapat tercipta sebuah keadaan yang sinergis diantara anggotanya yang didasarkan pada cinta kasih, dan mampu mengelola kehidupan dengan penuh keseimbangan baik dalam tubuh keluarga maupun hubungannya dengan yang lain. Hal ini pun berlaku bagi semua keluarga, khususnya bagi keluarga Jama’ah Tabligh. Jama’ahTabligh sendiri adalah salah satu bentuk sebuah pergerakan dakwah yang ada di Indonesia, pergerakan dakwah ini sudah tersebar luas ke segala penjuru daerah termasuk di Desa Temboro Kecamatan Karas Kabupaten Magetan. Dalam pelaksanaan pergerakannya,Jama’ahTablighdaerah ini mengharuskan suamiuntuk meninggalkan istri dan keluarga dalam jangka waktu tertentu. Yang menjadi masalah dalam pergerakan dakwah Jama’ahTabligh ini adalah anggapan negatif masyarakat terkait pelaksanaannya yang dianggap tidak sesuai karena meninggalkan keluarga dan akan berdampak pada keharmonisan keluarga termasuk terkait pemenuhan nafkah dan juga pengasuhan anak. Masyarakat menganggap hal ini berbeda dengan TKI yang meninggalakan keluarga untuk bekerja dan mencari nafkah, karena Jama’ah Tabligh meninggalkan keluarga untuk berdakwah.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimana Implementasi Pemenuhan Nafkah Dalam Mewujudkan Keharmonisan Keluarga Pada Keluarga Jama’ah Tabligh Di Desa Temboro Kabupaten Magetan?Bagaimana Implementasi Pengasuhan Anak Dalam Mewujudkan Keharmonisan Keluarga Pada Keluarga Jama’ah Tabligh Di Desa Temboro Kabupaten Magetan?
Dalam Penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian Field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara dan Dokumentasi. Teknik pengolahan data dengan cara Editing, Organizing, dan Penemuan hasil riset.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi pemenuhan nafkah dan pengasuhan anak keluarga jamaah tabligh berjalan dengan baik. Dalam pemenuhan keduanya keluarga jamaah tabligh lebih mementingkan keluarga yang ditinggalkan dari khuruj itu sendiri. Suami memahami peran dan tanggung jawabnya secara penuh kepada keluarga yang akan ditinggal khuruj. Disaat khuruj, sebelum keberangkatan keluarga jamah tabligh telah mempersiapkan segalanya dengan baik dari nafkah dan pengasuhan anak yang dialihkan peranya kepada istri dan juga bantuan dari saudara serta tetangga terdekat agar istri juga tidak terlalu terbebani. Suami juga berperan memberikan pengarahan kepada istri agar semua berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SHOFWATUL AINI
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:42
Last Modified: 22 Jun 2022 01:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19422

Actions (login required)

View Item View Item