Nilai-nilai Keteladanan dalam Film Kulari Ke Pantai dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona

Islammiyati, Arum (2022) Nilai-nilai Keteladanan dalam Film Kulari Ke Pantai dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180148_ARUM ISLAMMIYATI_PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Islammiyati, Arum. 2022. Nilai-nilai Keteladanan dalam Film Kulari Ke Pantai dan Relevansinya dengan Pendidikan Karakter Menurut Thomas Lickona. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Yuentie Sova Puspidalia, M.Pd.
Kata Kunci: Nilai Keteladanan, Film Kulari Ke Pantai, Pendidikan Karakter
Era globalisasi kian hari kian maju dan berkembang pesat. Budaya dan teknologi barat semakin memengaruhi dunia serta merambah ke berbagai bidang. Salah satunya bidang pendidikan. Indonesia adalah salah satu negara yang merasakan dampak arus globalisasi, sehingga mengakibatkan tidak sedikit masyarakat Indonesia yang meniru budaya barat melalui teknologi yang berkembang. Dampak paling besar akibat arus globalisasi bagi dunia pendidikan di Indonesia adalah mulai runtuhnya karakter, moral dan akhlak setiap peserta didik. Beberapa contoh nyata rusaknya karakter, moral dan akhlak peserta didik dapat dilihat dan dirasakan pada lingkungan sekitar ataupun melalui media massa seperti, gaya berpakaian anak muda yang meniru budaya barat, terjadi tawuran antar pelajar, pelecehan seksual, penyalahgunaan obat terlarang dan lain sebagainya. Peristiwa tersebut tentu sangat merugikan berbagai pihak seperti, orang tua, lingkungan, sekolah dan diri sendiri. Beberapa kasus tersebut, maka diperlukan perhatian khusus dari seluruh komponen stakeholders pendidikan dalam mengupayakan membentuk karakter peserta didik yang lebih santun, sopan dan sesuai moral dalam kehidupan. Upaya membentuk karakter yang baik tentu diperlukan sebuah peniruan atau keteladanan dari sosok yang dapat dijadikan panutan seperti, yang tecermin dalam pribadi Rasullah SAW. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan perkembangan ilmu teknologi, penanamaan keteladanan dapat melalui sebuah karya sastra, media massa ataupun elektronik. Arus globalisasi membawa pengaruh yang sangat besar dalam perkembangan dunia pendidikan. Salah satunya media audio-visual berbentuk film. Film dapat dijadikan sebagai sumber media belajar yang menyenangkan bagi peserta didik salah satunya adalah, film yang berjudul Kulari Ke Pantai. Film anak dengan genre komedi mengandung beberapa nilai keteladanan dalam kisahnya, sehingga dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang berbasis pendidikan karakter.
Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan nilai-nilai keteladanan dalam film Kulari Ke Pantai, (2) menjelaskan relevansi nilai-nilai keteladanan dalam film Kulari Ke Pantai dengan pendidikan karakter menurut Thomas Lickona.
Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka atau library research. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik penelitian dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data penelitian yang sudah terkumpul, kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi (content analysis).
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai keteladanan dalam film Kulari ke Pantai. Di antaranya (1) toleransi, peduli sosial, cinta tanah air, bersahabat/komunikatif, cinta damai dan tanggung jawab. (2) Relevansi antara nilai-nilai keteladanan dalam film Kulari ke Pantai dengan pendidikan karakter menurut Thomas Lickona. Nilai keteladanan toleransi relevan dengan nilai karakter keadilan, nilai keteladanan cinta tanah air relevan dengan karakter kasih, nilai keteladanan peduli sosial relevan dengan nilai karakter kasih, nilai keteladanan bersahabat atau komunikatif relevan dengan nilai karakter sikap positif, nilai keteladanan cinta damai relevan dengan nilai karakter kasih dan nilai keteladanan tanggung jawab relevan dengan nilai karakter keadilan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuentie Sova Puspidalia
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:42
Last Modified: 21 Jun 2022 07:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19417

Actions (login required)

View Item View Item