Penyusunan Rencana Pembelajaran Perspektif Gender Sosial Inklusi (GSI) di SD Immersion Ponorogo

Fuad, Salifatul (2022) Penyusunan Rencana Pembelajaran Perspektif Gender Sosial Inklusi (GSI) di SD Immersion Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180226_Salifatul Fuad_PGMI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya sekolah inklusi, yang menjadi tempat berkumpulnya siswa dari berbagai latar belakang kondisi sosial maupun kondisi biologis. Sekolah inklusi merupakan mondifikasi dari sekolah reguler memadukan dengan pendidikan inklusi dengan model pendidikan yang ramah akan kesetaraan sosial dan menggunakan sistem pembelajaran menyesuaikan kemampuan peserta didik. Adanya keragaman siswa di sekolah inklusi ini menjadikan sistem pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, dengan menyesuaikan antara strategi, media pembelajaran yang digunakan. Peran guru sebagai pihak yang paling penting dalam penyampaian materi harus memperhatikan hal-hal yang berakitan dengan kemampuan peserta didik dan memahami dalam penyusunan perancangan program suatu pembelajaran.
Berawal dari penjelasan di atas, maka diadakannya penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan bagaimana pemahaman guru pada penyusunan rencana pembelajaran RPP dan PPI perspektif Gender Sosial Inklusi di SD Immersion Ponorogo (GSI) di SD Immersion Ponorogo
(2) menguraikan bagaimana penyusunan rencana pembelajaran RPP dan PPI perspektif Gender Sosial Inklusi di SD Immersion Ponorogo.
Untuk menjawab permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif karena dirancang untuk mendeskripsikan pemahaman guru dalam penyusunan rancangan pembelajaran dan bagaimana proses pesnyusunan rancangan pembelajaran tersebut. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknis analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil analisa penelitian ini, ditemukan bahwa: (1) pemahaman guru kelas maupun pembiming dalam memahami langkah-langkah menyusun RPP dan PPI dalam menjelaskan maupun penyusunannya.(2) proses daripada perencanaan pembelajaran tersebut adanya kerja sama antara guru kelas dan guru pembimbing, dengan mengetahui terlebih dahulu hasil MIR atau kecerdasan dasar pada diri siswa, melihat bagaimana kemampuan dalam masing-masing siswa, sehingga dapat direncanakan bagaimana perencanaan pembelajaran yang sesuai dengan karakter siswa dan strategi yang digunakan dapat memahamkan siswa dalam menerima materi pelajaran. Kompetensi dasar dan indikator yang digunakan untuk perancangan pembelajara siswa ABK dan reguler sama, akan tetapi untuk siswa ABK indikator diturunkan dan dibuat sederhana sesuai kebutuhan siswa ABK, agar dapat diterima dengan baik oleh siswa ABK tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Evi Muafiah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:41
Last Modified: 21 Jun 2022 07:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19416

Actions (login required)

View Item View Item