Pengaruh Metode Storyboard Telling Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman SKI Siswa Kelas IX Mts Sulamul Huda Siwalan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Tatayyana, A'inun (2022) Pengaruh Metode Storyboard Telling Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman SKI Siswa Kelas IX Mts Sulamul Huda Siwalan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180001 A'INUN TATAYYANA PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tatayyana, A’inun 2022. Pengaruh Metode Storyboard Telling Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman SKI Siswa Kelas IX Mts Sulamul Huda Siwalan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam, Pembimbing Dr. Miftahul Ulum, M.Ag.
Kata Kunci: Metode Storyboard Telling, Minat Belajar, Pemahaman
Pemahaman materi sangat berpengaruh terhadap tercapainya tujuan pembelajaran. Namun di Mts Sulamul Huda Siwalan Ponorogo khususnya pada materi SKI terdapat permasalahan yang dihadapi seperti mengajar siswa kurangnya aktif di proses pembelajaran serta kurangnya minat belajar siswa dan metode pembelajaran kurang efektif yang mengakibatkan kurangnya pemahaman siswa pada materi pembelajaran SKI. Permasalahan tersebut bisa diatasi dengan salah satu metode Storyboard Telling.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) adakah pengaruh metode Storyboard Telling terhadap minat belajar siswa kelas IX Mts Sulamul Huda Siwalan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (2) adakah pengaruh metode Storyboard Telling terhadap pemahaman SKI siswa kelas IX Mts Sulamul Huda Siwalan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022; (3) adakah pengaruh metode Storyboard Telling terhadap minat belajar dan pemahaman ski siswa kelas ix mts sulamul huda siwalan ponorogo tahun ajaran 2021/2022
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat ekperimen. Penelitian ini dilakukan untuk mencari pengaruh dari kelas ekperimen yang diberikan perlakuan khusus dengan kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan dalam artian menggunakan metode pembelajaran seperti biasa. Populasi dalam penelitian ini adakah siswa kelas IX MTs Sulamul Huda Siwalan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan jumlah 30 anak yang dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas Kontrol dan Eksperimen. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuisioner, pretest dan posttest. Adapun analisis yang digunakan di penelitian ini adalah uji T.
Dari analisis yang dilakukan peneliti diperoleh kesimpulan bahwa: (1) metode Stotyboard Telling berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar siswa kelas IX Mts Sulamul Huda Siwalan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai 4,728 > 1,771; (2) metode Storyboard Telling berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman SKI siswa kelas IX Mts Sulamul Huda Siwalan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai 6,717 > 1,771; (3) metode Storyboard Telling berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar dan pemahaman SKI siswa kelas IX Mts Sulamul Huda Siwalan Ponorogo tahun ajaran 2021/2022 dengan nilai 29,251 > 4,60.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:21
Last Modified: 21 Jun 2022 07:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19414

Actions (login required)

View Item View Item