Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Autisme di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Kota Madiun (SD Muhtadin) Tahun Pelajaran 2021/2022

Fathimah, Fathimah (2022) Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Autisme di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Kota Madiun (SD Muhtadin) Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180049_FATHIMAH_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Fathimah, 2022. Pendidikan Inklusi bagi Anak Berkebutuhan Khusus Jenis Autisme di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Kota Madiun (SD Muhtadin) Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ulum Fatmahanik, M.Pd.

Kata Kunci: Pendidikan Inklusi, PPI, ABK, Autisme, Guru Shadow Pendidikan inklusi merupakan suatu program pendidikan yang bertujuan untuk mengintegrasikan pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) bersama dengan anakanak reguler. Autisme merupakan suatu gangguan perilaku dimana anak seakan-akan memiliki dunianya sendiri, hal ini menghambat kemampuan anak dalam berkomunikasi dan bersosialisasi. Terdapat perbedaan dalam proses pembelajaran dan pendampingan bagi ABK autisme dikarenakan karakteristik dan kebutuhan khususnya. SD Muhammadiyah Kota Madiun merupakan salah satu lembaga sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi di Kota Madiun. Adapun banyaknya ABK autisme yang bersekolah di SD Muhtadini paling mendominasi daripada jenis ABK lainnya. Oleh karena itu, diperlukan kajian yang lebih mendalam terhadap topik permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan pendidikan inklusi bagi ABK autisme yang meliputi aspek penerapan program pembelajaran individual (PPI), serta proses pendampingan guru shadow terhadap ABK autisme di Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Kota Madiun (SD Muhtadin) Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunaan pendekatan kualitatif jenis deskriptif dengan teknik pengumpulan data antara lain wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data antara lain peneliti yang dibantu dengan lembar wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian dianalisis dengan teknik Miles, Huberman dan Saldana sedangkan, pengecekan keabsahan temuan melalui triangulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Penerapan PPI di SD Muhtadin merupakan jenis PPI jangka pendek yang dievaluasi setiap 3 bulan sekali. Perencanaan PPI dilakukan oleh koordinator bidang special kids, kepala ruang tumbuh kembang, psikolog, wali kelas, para guru shadow serta, orang tua wali murid. Pelaksanaan PPI dilakukan oleh guru shadow misalnya ketika memaparkan ulang materi yang diajarkan guru kelas kepada ABK. 2) Proses pendampingan guru shadow pada ABK autisme berlangsung ketika anak belajar di kelas inklusi dan ruang tumbuh kembang. Selain itu, pada masa Pandemi Covid-19 terdapat pula proses pendampingan melalui home visit ke rumah orang tua dan anak. Adapun proses pendampingan ABK ini guru shadow juga dibantu oleh kepala ruang tumbuh kembang dan guru kelas dimana ABK berada.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ulum Fatmahanik
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:19
Last Modified: 22 Jun 2022 01:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19413

Actions (login required)

View Item View Item