...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 3 MIN 5 Magetan

Setyorini, Wahyu Dwi (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 3 MIN 5 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONORGO.

[img]
Preview
Text
203180245_WAHYU DWI SETYORINI_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Setyorini, Wahyu Dwi. 2022. Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas 3 MIN 5 Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Kurnia Hidayati, M.Pd

Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar, Matematika
Keluarga merupakan lingkungan sosial pertama yang dikenalkan pada siswa. Keluarga memiliki peran utama dalam keberhasilan belajar siswa. Tanggung jawab orang tua bukan hanya sekedar menyekolahkan, akan tetapi juga bertanggung jawab untuk membimbing dan mengawasi proses belajarnya. Mata pelajaran matematika sendiri merupakan mata pelajaran yang memiliki peranan penting dalam pendidikan. Akan tetapi, tidak jarang siswa menganggap jika matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Peran lingkungan keluarga untuk membantu pemahaman siswa mengenai materi yang sudah disampaikan oleh guru tentunya sangat diperlukan agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui lingkungan keluarga pada siswa kelas 3 MIN 5 Magetan, (2) mengetahui hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 MIN 5 Magetan, (3) mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 MIN 5 Magetan.
Pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode ex post facto jenis korelasional (Causal Research), dengan jumlah sampel 66 siswa kelas 3 MIN 5 Magetan yang terdiri dari 3 kelas, yaitu kelas 3A, 3B, dan 3C. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Sampling Jenuh dan menggunakan analisis regresi linier sederhana sebagai metode analisis data. Teknik dan instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Berdasarkan perolehan data yang termasuk kategori baik yaitu 12 siswa (18.18%), kategori cukup yaitu 41 siswa (62.12%), dan kategori kurang yaitu 13 siswa (19. 70%). Dengan demikian, secara umum lingkungan keluarga siswa kelas 3 MIN 5 Magetan dapat dikatakan cukup dengan presentase 62.12%. (2) Berdasarkan perolehan data, maka yang menyatakan hasil belajar siswa dalam kategori tinggi yaitu 9 siswa (13.64 %), kategori sedang yaitu 43 siswa (65.15%), dan kategori rendah yaitu 14 siswa (21.21%). Dengan demikian, secara umum bahwa hasil belajar matematika siswa kelas 3 MIN 5 Magetan yaitu dalam kategori sedang dengan presentase 65.15 %. (3) Variabel lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 MIN 5 Magetan. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung (10.04) > Ftabel (3.99), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sedangkan besar pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas 3 MIN 5 Magetan dapat dilihat dari nilai koefisien determinasi (R2) yang diperoleh yaitu sebesar 0.135 atau 13.5%. Adapun untuk persamaan regresinya adalah Y = 20.27 + 0.73X

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kurnia Hidayati
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:19
Last Modified: 21 Jun 2022 07:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19411

Actions (login required)

View Item View Item