PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN FIKIH IBADAH KELAS II MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH NURUL HUDA JENANGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022

Maksum, Ali (2022) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PELAJARAN FIKIH IBADAH KELAS II MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH NURUL HUDA JENANGAN PONOROGO TAHUN AJARAN 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180017_Ali Maksum_Pendidikan Agama Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maksum, Ali. 2022. Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Pelajaran Fikih Ibadah Kelas II Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Huda Jenangan Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing. Ahmad Numan Hakiem, M. Ag
Kata Kunci : Metode Demonstrasi, Hasil Belajar, Fikih Ibadah
Hasil belajar merupakan alat ukur siswa dalam pemahaman pelajaran yang telah diberikan. Namun kenyataannya masih banyak sekolah yang belum bisa mencapai hasil belajar yang memuaskan. Hal ini disebabkan oleh banyak hal salah satunya adalah metode pembelajaran yang masih menggunakan metode konvensional atau ceramah. Seperti yang terjadi di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Huda Jenangan Ponorogo. Hal ini disebabkan karena kurangnya media pembelajaran dan kesibukan diluar mengajar yang dilakukan oleh pendidik. Sehingga proses pendidikan masih berjalan kurang maksimal dalam memperoleh hasil pembelajaran. Selain itu siswa juga kurang memerhatikan karena metode ceramah tidak melibatkan siswa langsung.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan minat belajar pada pelajaran fikih ibadah kelas II di Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Huda Jenangan Ponorogo. (2) Untuk menghetahui bagaimana hasil penerapan metode demonstrasi dalam meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Fikih Ibadah Kelas II Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Huda Jenangan Ponorogo.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu rancangan/perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/santri kelas II Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Huda Jenangan Ponorogo yang berjumlah sebanyak 15 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan lembar observasi minat belajar oleh guru dan hasil tes siswa, kemudian data ini dianalisis dengan menggunakan rumus presentase.
Adapun hasil penelitian ini (1) Hasil belajar dalam penerapan metode demonstrasi pada pelajaran fikih ibadah kelas II Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Huda Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022 yaitu pada siklus I mencapai ketuntasan sebesar 66,67% (10 siswa tuntas, 5 siswa belum tuntas), dan pada siklus II mencapai ketuntasan sebesar 93,33% (14 siswa tuntas, 1 siswa belum tuntas). (2) Hasil penerapan metode demonstrasi dalam peningkatan hasil belajar pada pelajaran fikih ibadah kelas II Madrasah Diniyah Takmiliyah Nurul Huda Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022 mengalami peningkatan dengan hasil pada siklus I hasil belajar siswa mencapai 66,67% meningkat pada siklus II mencapai 93,33%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu'man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:12
Last Modified: 21 Jun 2022 07:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19407

Actions (login required)

View Item View Item