Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Melalui Pembelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo

Handayani, Dekrita Catur Retna (2022) Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Melalui Pembelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180053 DEKRITA CATUR RETNA HANDAYANI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Catur Retna Handayani, Dekrita. 2022. Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Siswa Melalui Pembelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata Kunci: Internalisasi, Nilai-Nilai Karakter, Pembelajaran PAI
Pendidikan karakter sangat penting diperlukan di abad 21 seperti saat ini, dalam mewujudkan suatu bangsa yang berbudaya maka salah satunya melalui penguatan pendidikan karakter. Pembelajaran PAI selain sebagai ilmu pengetahuan juga sebagai pembentuk karakter siswa. Penelitian ini berawal dari kegelisahan peneliti terkait dengan nilai-nilai karakter yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertempat di SMA Bakti Ponorogo di mana masih terdapat sebagaian siswa yang belum mencerminkan nilai-nilai karakter dalam diri mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa melalui pembelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo, dan (2) menganalisis implikasi dari pembelajaran PAI dalam meningkatkan nilai-nilai karakter pada siswa di SMA Bakti Ponorogo.
Jenis penelitian ini menggunakan studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman yang melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini ditemukan: (1) Internalisasi nilai-nilai karakter pada siswa melalui pembelajaran PAI di SMA Bakti Ponorogo terdapat beberapa tahapan: a) Tahap transformasi nilai, pendidik memberitahukan kepada siswa terkait dengan definisi serta pentingnya nilai-nilai karakter disiplin, jujur, dan tanggung jawab dalam materi PAI. b) Tahap transaksi nilai, pendidik berusaha memberikan beberapa pertanyaan untuk megukur pemahaman siswa mengenai nilai-nilai karakter dalam setiap materi pembelajaran. c) Tahap transisternalisasi, siswa diharapkan mampu menerapkan nilai-nilai karakter melalui sikap dan perilaku yang dapat diukur dengan mengacu pada observasi, penilaian pengetahuan dengan tes tulis maupun tes lisan. (2) Implikasi dari pembelajaran PAI dalam meningkatkan nilai-nilai karakter adalah setelah guru menerapkan KD 3.1 dalam pembelajaran PAI dan bentuk kegiatan seperti program boarding school serta menerapkan metode yang tepat akhirnya siswa yang tadinya terlambat menjadi lebih disiplin dengan hadir lebih awal dan siswa terbiasa mengumpulkan tugas tepat pada waktunya. Implikasi nilai kejujuran, setelah guru menerapkan KD 3.5 terkait pentingnya sifat syaja’ah (berani membela kebenaran) dengan menerapkan kantin kejujuran meningkatkan siswa untuk selalu bersikap jujur. Implikasi nilai karakter tanggung jawab setelah guru menerapkan KD 3.7 siswa menjadi tahu bagaimana tanggung jawab setelah mengetahui hukum pelaksanaan penyelenggaraan jenazah adalah fardhu kifayah dan bentuk kegiatan untuk meningkatkan nilai karakter tanggung jawab di SMA Bakti Ponorogo diantaranya adalah dengan kegiatan LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:09
Last Modified: 21 Jun 2022 07:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19405

Actions (login required)

View Item View Item