Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur'an dengan Metode Tilawati di Madrasah Diniyah Ali Adam Coper, Jetis, Ponorogo

Pratiwi, Dania Gema (2022) Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur'an dengan Metode Tilawati di Madrasah Diniyah Ali Adam Coper, Jetis, Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180051 DANIA GEMA PRATIWI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pratiwi, Dania Gema. 2022. Pengelolaan Pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Tilawati di Madrasah Diniyah Ali Adam Coper, Jetis, Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata Kunci: Pengelolaan, Pembelajaran, Metode Tilawati, Madrasah Diniyah
Pada era transformasi digital ini, pembelajaran Al-Qur’an merupakan hal yang sangat urgen dalam membentuk generasi qur’ani sejak dini sehingga tidak mudah hanyut dan terpengaruh dengan hal-hal yang memberikan dampak negatif bagi kehidupannya. Pada hakikatnya seluruh mata pelajaran menginduk dan merujuk pada Al-Qur’an. Terdapat beberapa lembaga pembelajaran Al-Qur’an yang dekat dengan masyarakat, salah satunya Madrasah Diniyah. Dalam pembelajaran Al-Qur’an diperlukan adanya pengelolaan pembelajaran yang menyenangkan untuk menambah gairah santri untuk mempelajarinya. Salah satunya dengan metode Tilawati, metode ini dikenal sebagai metode yang unik dan menarik dengan ciri khas tersendiri. Melalui jargonnya membawa pembelajaran Al-Qur’an secara mudah dan menyenangkan diharapkan mampu mencetak generasi qur’ani yang sejalan dengan misinya dalam meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas Al-Qur’an dan mampu mengamalkannya dalam kehidupan.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tilawati di Madrasah Diniyah Ali Adam Coper, Jetis, Ponorogo (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tilawati di Madrasah Diniyah Ali Adam Coper, Jetis, Ponorogo (3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tilawati di Madrasah Diniyah Ali Adam Coper, Jetis, Ponorogo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sementara itu, keabsahan data diukur dengan meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan juga mengadakan member check.
Berdasarkan pada proses pengumpulan dan analisis data, maka hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tilawati di Madrasah Diniyah Ali Adam dilakukan melalui penentuan target kualitas, penentuan target waktu, penentuan pelaksanaan pembelajaran berdasarkan pada prinsip-prinsip yang pembelajaran Tilawati, kelengkapan media dan sarana penunjang. (2) Pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tilawati di Madrasah Diniyah Ali Adam dilakukan sesuai alokasi waktu dengan teknik klasikal dan teknik individual. (3) Evaluasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode Tilawati di Madrasah Diniyah Ali Adam dilakukan melalui 3 tahapan yakni, tes penentuan kelas Tilawati, evaluasi harian dan tes kenaikan jilid melalui munaqosyah guna menentukan kelulusan santri atau kenaikan santri ke tingkatan jilid selanjutnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:07
Last Modified: 21 Jun 2022 07:07
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19404

Actions (login required)

View Item View Item