Upaya Penanaman Karakter Percaya Diri Melalui Metode 4C di Madrasah Diniyah Baitul Arqom Desa Bandar Kabupaten Pacitan

Hidayati, Dwi Nur (2022) Upaya Penanaman Karakter Percaya Diri Melalui Metode 4C di Madrasah Diniyah Baitul Arqom Desa Bandar Kabupaten Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 201180066 DWI NUR HIDAYATI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Hidayati, Dwi Nur. 2022. Upaya Penanaman Karakter Percaya Diri Melalui Metode 4C Di Madrasah Diniyah Baitul Arqom Desa Bandar Kabupaten Pacitan.Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Moh. Miftachul Choiri, M.A.
Kata kunci: Karakter Percaya Diri, Metode 4C.
Terdapat nilai dasar dalam pembelajaran antara lain, komunikasi, kolaborasi, berfikir kreatif, dan berpikir kritis. Dalam pendidikan karakter terdapat nilai-nilai yang hendak ditransformasikan kepada peserta didik yang dapat diupayakan melalui strategi metode 4C. Keempat kemampuan tersebut merupakan skill yang perlu dimiliki oleh peserta didik dalam mempersiapkan diri meraka dalam menghadapi masa depan yang akan penuh dengan dinamika.Salah satu hal terpenting yang perlu dimiliki oleh manusia untuk dapat mengalikasikan potensi yang dimilikinya dan dapat mengantarkan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif seorang individu adalah karakter percaya diri. Maka penting sejak usia dini karakter percaya diri ini ditanamkan agar anak-anak terbiasa menerapkannya,banyak upaya yang dilakukan agar tertanamnya rasa percaya diri pada peserta didik salah satu caranya dengan menerapkan metode 4C untuk mengembangkan skill yang dimiliki oleh anak tersebut, sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.
Tujuan adanya penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui upaya yang dilakukan Madrasah Diniyah Baitul Arqom Desa Bandar Kabupaten Pacitan dalam meningkatkan karakter percaya diri, (2) untuk mengetahui penerapan metode 4C di Madrasah Diniyah Baitul Arqom Desa Bandar Kabupaten Pacitan, (3) untuk mengetahui hambatan dalam penerapan metode 4C terhadap peningkatan karakter percaya diri peserta didik di Madrasah Diniyah Baitul Arqom Desa Bandar Kabupaten Pacitan.
Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa tahapan pembelajaran dengan menerapkan 4C di Madrasah Diniyah Baitul Arqom adalah sebagai berikut: (1) Upaya yang dilakukan Madrasah Diniyah Baitul Arqom dalam meningkatkan karakter percaya diri dengan menerapkan keterampilan 4C yaitu komunikasi, berpikir kreatif, kolaborasi, berpikir kritis yang diaplikasikan pada proses pembelajaran. (2) Penerapan metode 4C di Madrasah Diniyah Baitul Arqom, misalnya komunikasi kemampuan anak dalam menyampaikan ide dan pikirannya, hasilnya anak mampu mengungkapkan pendapatnya atau berani berinteraksi dengan orang lain ia lebih percaya diri dan yakin bahwa ia mampu. Berpikir kreatif peserta didik dapat mengembangkan keterampilan yang dimilikinya dengan anak berhasil ketika ia membuat suatu karya maka ia akan bangga dan percaya diri. Kolaborasi peserta didik dapat lebih mengeksplor kemampuannya bersama dengan teman seusianya dan hasilnya ketika anak berkelompok maka ia menjadi lebih percaya diri. Berpikir kritis mengarahkan anak untuk dapat menyelesaikan masalah, ketika anak mampu mendapat jawaban atau dapat menyelesaikan suatu tantangan maka anak akan yakin dan lebih percaya diri.(3) Hambatan dalam penerapan metode 4C terhadap peningkatan karakter percaya diri peserta didik di Madrasah Diniyah Baitul Arqom terdapat faktor internal dan eksternal. Untuk faktor internal adalah ketika peserta didik yang masih labil dan terkadang dalam keadaan belum siap untuk belajar hal tersebut berpengaruh pada proses pembelajaran. Untuk faktor ekstrernal adalah pada sarana dan prasarana yang masih seadanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Miftachul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:06
Last Modified: 21 Jun 2022 07:06
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19403

Actions (login required)

View Item View Item