...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Nilai- nilai social dalam tradisi tedhak siten sebagai sumber pembelajaran IPS Materi Perubahan Sosial Budaya kelas IX di MTs Al Azhar Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo

Anwariyah, Arini Zakiyatul (2022) ...(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Nilai- nilai social dalam tradisi tedhak siten sebagai sumber pembelajaran IPS Materi Perubahan Sosial Budaya kelas IX di MTs Al Azhar Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
208180046_Arini Zakiyatul Anwariyah_Tadris IPS .pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Anwariyah, Arini Zakiyatul. 2022. Nilai-Nilai Sosial Dalam Tradisi Tedhak Siten Sebagai Sumber Pembelajaran Materi Perubahan Sosial Budaya Kelas Ix Di Mts Al Azhar Kecamatan Sampung Kabupaten Ponorogo. SKRIPSI. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Widda Djuhan, S. Ag., M. Si

Kata Kunci : Nilai Sosial, Tedhak siten, Sumber Pembelajaran

Pembelajaran IPS selalu berkaitan dengan suatu kehidupan manusia yang berada pada masyarakat dan menyertakan segala tingkah laku serta kebutuhannya. Dalam suatu Pembelajaran IPS yakni yang mempelajari, menelaah, dan mengkaji suatu system dalam suatu kehidupan manusia dipermukaan bumi ini dalam konteks sosialnya, karena manusia merupakan anggota dari masyarakat. Ilmu pengetahuan sosial merupakan ilmu yang mengkaji masyarakat, dalam masyarakat tentunya terdapat kearifan lokal yang berkembang dimasyarakat yang berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat. Pembelajaran IPS memiliki permasalahan yang dianggap monoton dalam permasalahan materi, sumber Pembelajaran, metode dan lainnya. MTs Al Azhar Keacamatan Sampung menggunakan Tradisi yakni salah satu kearifan lokal yang berasal dari masyarakat dan dilestarikan oleh masyarakat. Tradis merupakan salah satu solusi yang digunakan sebagai sumber Pembelajaran. Salah satunya adalah Tradisi Thedak siten merupakan salah satu upacara adat yang dilakukan untuk anak dalam suatu keluarga.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti ini memiliki tujuan yakni berupa 1). Untuk mengetahui Nilai moral dalam tradisi tedhak siten sebagai sumber pembelajaran IPS terpadu kelas IX di MTs Al Azhar Sampung Ponorogo 2). Untuk mengetahui nilai agama tradisi tedhak siten sebagai sumber pembelajaran IPS terpadu di MTs Al Azhar Sampung Ponorogo 3). Untuk mengetahui manfaat Nilai-nilai social dalam tradisi tedhak siten sebagai sumber pembelajaran IPS Terpadu kelas IX di MTs Al Azhar Sampung Ponorogo.
Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik yang dikemukakan oleh miles yaitu diantaranya adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data triangulasi, pemeriksaan melalui diskusi, pemanfaatan bahan referensi dan mengadakan pengecekan.
Dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Nilai-nilai sosial yang terkandung dalam tradisi tedhak siten adalah nilai-nilai yang ada pada masyarakat atau ada pada kehidupan masyarakat. Nilai-nilai sosial tersebut diantara adalah, sebagai berikut: nilai moral yakni berupa tolong menolong, sikap sabar dan sikap sungguh-sungguh dalam menggapai sesuatu 2). Nilai sosial memiliki banyak macam yakni nilai agama terdapat dalam nilai sosial. Nilai agama yang terkandung dalam tradisi tedhak siten sebagai sumber Pembelajaran yaitu menggelar doa bersama yang dilakukan dengan bentuk syukur kepada Allah dan pada prosesi anak dipegangkan Al Quran 3). Manfaat nilai-nilai sosial dalam tradisi tedak siten sebagai sumber Pembelajaran IPS pada materi perubahan sosial budaya pada kelas IX di MTs Al Azhar Kecamatan Sampung, manfaat tersebut adalah diantaranya: Bermanfaat bagi peserta didik dengan Pembelajaran yang bersumber dari masyarakat dengan tradisi tedhak siten Pembelajaran akan mudah di pahami, Bermanfaat bagi peserta didik dengan membekali nilai-nilai sosial yang ada pada masyarakat sebagai bekal dikehidupan kelak, Bermanfaat sebagai pengenalan tradisi, yang memang tradisi ini pantas untuk di lestarikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad widda djuhan
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:02
Last Modified: 21 Jun 2022 07:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19402

Actions (login required)

View Item View Item