..(GUNAKAN TTD ASLI BERMATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA 3 Pada Pembelajaran Fikih Di MAN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022

Nazula, Desy (2022) ..(GUNAKAN TTD ASLI BERMATERAI PADA LEMBAR KEASLIAN TULISAN DAN LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI (UNDUH FORM DI WEB PERPUS, UPLOAD ULANG)...Implementasi Metode Mind Mapping Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA 3 Pada Pembelajaran Fikih Di MAN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESY NAZULA 201180296.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang sebuah metode pembelajaran yang membawa pengaruh terhadap kemampuan daya pikir peserta didiknya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kepasifan peserta didik di kelas yang membuat kreativitasnya dalam berpikir kurang berkembang karena guru hanya menerapkan metode ceramah dalam mengajar sehingga interaksi antar guru dan peserta didik kurang maksimal. Terlebih lagi pada mata pelajaran fikih yang memuat hukum syariat Islam, maka materi ini semestinya terserap dengan baik dalam pemahaman peserta didik, dan tentu saja tidak bisa terpaku pada metode ceramah.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah Implementasi metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA 3 Pada Pembelajaran Fikih di MAN 1 Ponorogo Tahun ajaran 2021/2022; (2) mendeskripsikan hasil Implementasi metode Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI IPA 3 Pada Pembelajaran Fikih di MAN 1 Ponorogo Tahun ajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dimulai sejak Januari 2022 hingga Maret 2022. Subjek penerima dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPA 3 MAN 1 Ponorogo. Adapun data yang dikumpulkan bersumber dari pernyataan verbal peserta didik, observasi, dan angket dengan analisis statistik deskriptif kuantitatif mengenai penerapan metode mind mappping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI pada pembelajaran fikih di MAN 1 Ponorogo.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa (1) Langkah-langkah Implementasi metode Mind Mapping dalam meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI IPA 3 pada mata pelajaran fikih di MAN 1 Ponorogo tahun ajaran 2021/2022, dilakukan dengan 2 siklus. Siklus I dimulai dengan melakukan perencanaan, kemudian pelaksanaan dan pengamatan secara bersamaan, lalu yang terakhir refleksi. Siklus II dimulai dengan melakukan perencanaan, kemudian pelaksanaan dan pengamatan secara bersamaan, lalu yang terakhir refleksi. Perbedaan ada pada siklus II pada pelaksanaan ditambahi dengan teknik hand out untuk memudahkan peserta didik dalam menentukan topik mind mapping. (2) Hasil dari implementasi metode mind mapping pada siklus I diperoleh skor 61 poin. Setelah dilakukan siklus II mendapati hasil skor 100 poin dengan selisih antar siklus 39 poin. Setelah menerapkan mind mapping sebagai metode pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran fiqih, semua siswa menunjukkan peningkatan yang signifikan pada daya pikir kreatifnya

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 07:00
Last Modified: 21 Jun 2022 07:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19399

Actions (login required)

View Item View Item