PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PRASARANA MADRASAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MAN I PONOROGO

Mustofa, Anang (2022) PENGARUH PEMANFAATAN SARANA PRASARANA MADRASAH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS XI DI MAN I PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
201180272_Anang Mustofa_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses belajar yang dilalui anak di sekolah akan mengakibatkan perubahan pengetahuan, pemahaman, kecerdasan, nilai, sikap, dan kemampuannya. Modifikasi tersebut akan tercermin dalam hasil belajar siswa. Selanjutnya, untuk menentukan hasil belajar, seringkali diperlukan penilaian hasil belajar. Makna hasil belajar, yaitu perubahan yang terjadi pada diri siswa ditinjau dari komponen kognitif, emosional, dan psikomotorik sebagai akibat dari kegiatan belajar, dapat dipahami berdasarkan uraian konsep pembelajaran. Hasil belajar merupakan suatu hal yang penting bagi siswa, sehingga mempengaruhi tujuan pembelajaran yang diterapkan di suatu sekolah. Faktor yang menyebabkan hasil belajar berasal dari siswa sendiri seperti dorongan dari dalam diri siswa untuk mencapai hasil belajar yang baik dan motivasi dalam diri sendiri, selain itu sarana dan prasarana yang mendukung juga mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan observasi awal penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang ada di MAN 1 Ponorogo kelas XI terdapat nilai rata-rata yang kurang dari kriteria ketuntasan minimal (KKM).
Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagimana pemanfaatan sarana prasarana di kelas XI MAN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022, (2) Untuk mengetahui motivasi belajar di kelas XI MAN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022, (3) Untuk mengetahui hasil belajar kelas XI MAN 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2021/2022. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah semua anak kelas XI MIPA dan IPS di Madarasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo, yaitu sejumlah 131 anak. Adapun sampel yang diambil oleh peneliti adalah 100 responden, instrumen pengumpulan data yaitu dengan menggunakan angket dan dokumentasi.
Berdasarkan dari analisis data ditemukan bahwa: (1) secara umum dapat dikatakan bahwa pemanfaata sarana prasarana Pada Mata Pelajaran Fikih kelas XI di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo dalam kategori sedang dengan prosentase 68%. (2) secara umum dapat dikatakan bahwa motivasi belajar di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo dalam kategori sedang dengan prosentase 71%. (3) secara umum dapat dikatakan bahwa hasilbelajar siswa di Madrasah Aliyah Negeri 1 Ponorogo dalam kategori sedang dengan prosentase 79%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Andhita Dessy Wulansari
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:47
Last Modified: 21 Jun 2022 03:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19392

Actions (login required)

View Item View Item