..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUA PUBLIKASI, UBAH FILE KE PDF DAN UPLOAD ULANG)..INTERNALISASI NILAI-NILAI SPIRITUAL SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN KITAB NAṢĀIḤ AL-‘IBĀD DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUNSUMAN SIMAN PONOROGO

Achmad, Nasrul (2022) ..(TAMBAHKAN STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN, GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUA PUBLIKASI, UBAH FILE KE PDF DAN UPLOAD ULANG)..INTERNALISASI NILAI-NILAI SPIRITUAL SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN KITAB NAṢĀIḤ AL-‘IBĀD DI PONDOK PESANTREN AL-BAROKAH MANGUNSUMAN SIMAN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Achmad Nasrul Chaq-201180248-PAI.docx

Download (812kB)

Abstract

ABSTRAK

Chaq, Achmad Nasrul. 2022. Internalisasi Nilai-nilai Spiritual Santri melalui Pembelajaran kitab Naṣāiḥ Al-‘Ibād di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.

Kata kunci: Penanaman Nilai, Nilai Spiritual
Penanaman nilai dalam pendidikan sangat bermacam-macam tergantung pada lembaga pendidikan yang merancang nilai apa saja yang ingin ditanamkan. Tentunya sebuah lembaga memiliki visi dan misi yang ingin dicapai. Nilai spiritual tidak hanya dapat ditanamkan melalui Pendidikan Agam Islam saja. Namun nilai-nilai spiritual juga dapat ditanamkan melalui kegiatan-kegaiatan yang positif yang dilakukan secara rutin di suatu lembaga pendidikan formal maupun non formal. Dengan adanya penanaman nilai-nilai spiritual kepada santri diharapkan mereka tidak terjerumus ke dalam nilai-nilai yang tidak sesuai dengan ajaran agama Islam.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan tentang bagaimana penanaman nilai-nilai spiritual santri melalui pembelajaran kitab Naṣāiḥ Al-‘Ibād di Pondok Pesantren Al-Barokah desa Mangunsuman, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo, (2) menjelaskan faktor yang mempengaruhi penanaman nilai spiritual santri melalui pembelajaran kitab Naṣāiḥ Al-‘ibād di Pondok Pesantren Al-Barokah Mangunsuman Siman Ponorogo.
Untuk menjawab beberapa pertanyaan di atas, penelitian ini dirancang dengan menggunakan pendekatan kualitatif dalam bentuk deskripsi. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisi data yang digunakan dalam penelitian ini berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini adalah : 1) nilai-nilai spiritual yang ditanamkan ada tiga yaitu nilai keimanan, nilai ketakwaan, dan nilai akhlak. Adapun tahapan dalam menanamkan nilai dimulai dari pemberian pengetahuan (transformasi nilai), penyadaran (transaksi nilai), dan pengamalan (transinternalisasi nilai). Sedangkan metode yang digunakan dalam menananmkan nilai-nilai spiritual santri melalui pembelajaran kitab Naṣāiḥ Al-‘Ibād menggunkan metode pembiasaan, keteladanan, nasehat, perhatian/pengawasan dan hukuman. 2) Faktor yang mempengaruhi spiritual seseorang diantaranya : (a) faktor fisik, (b) pengalaman emosional, (c) pengalaman dekat kematian, (d) praktik spiritual. Tak hanya itu, keadaan spiritual seseorang juga dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor lingkungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2022 01:17
Last Modified: 22 Jun 2022 01:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19391

Actions (login required)

View Item View Item