Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Pemberian Reward pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahahn Kelas V SDN 03 Kemiri

Kurniawati, Lia (2022) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Pemberian Reward pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahahn Kelas V SDN 03 Kemiri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180191_Lia Kurniawati_PGMI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Kurniawati, Lia. 2022. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa melalui Pemberian Reward pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bilangan Pecahahn Kelas V SDN 03 Kemiri. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Sofwan Hadi, M.Si..

Kata Kunci: Peningkatan, Hasil dan Motivasi Belajar, Pemberian Reward, Matematika

Matematika merupakan mata pelajaran yang sangat penting dipelajari semua siswa khususnya anak sekolah dasar. Namun, masih banyak siswa yang beranggapan bahwa matematika adalah mata pelajaran yang sulit, membosankan, dan menakutkan. Hasil observasi awal yang dilakukan oleh peneliti ialah masih banyak siswa masih pasif dalam proses pembelajaran di kelas. Sebagian besar siswa hanya mencatat dan mendengarkan materi yang diberikan oleh guru. Rasa percaya diri siswa masih tergolong rendah maka dari itu siswa malu akan bertanya mengenai materi yang diajarkan oleh guru. Dalam sesi tanya jawab guru harus menunjuk siswa untuk menjawab pertanyaan tersebut hal ini dilakukan karena apabila tidak ditunjuk siswa hanya diam adan tidak berani untuk menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu, siswa merasa bosan dengan mata pelajaran matematika karena siswa kurang tertarik dengan motivasi yang diberikan oleh guru. Motivasi yang diberikan guru kurang maksimal. Guru hanya memberikan motivasi berupa pujian bagi siswa. Hal ini membuat kurangnya tertarikkan siswa terhadap motivasi yang diberikan kepada siswa kenyataan ini merupakan hasil dari ungkapan siswa. Kurangnya motivasi belajar siswa berpengaruh pada hasil belajar siswa dalam pelajaran matematika.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode pemberian reward untuk (1) meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dalam materi bilangan pecahan kelas V SDN 03 Kemiri, (2) mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa melalui pemberian reward pada mata pelajaran matematika dalam materi bilangan pecahan kelas V SDN 03 Kemiri, dan (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pemberian reward pada mata pelajaran matematika dalam materi bilangan pecahan kelas V SDN 03 Kemiri.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang mencakup tiga siklus. Pada setiap setiap siklusnya terdiri dari 4 langkah yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Hasil dari penelitian hasil dan motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran matematika terdapat peningkatan dari siklus I sampai siklus III. Pada siklus I hasil penelitian angket motivasi belajar diperoleh siswa yang mendapat predikat sangat tinggi baru mencapai 5 siswa setara dengan 31,25% dari 17 siswa, sehingga masih terdapat 12 siswa yang belum mencapai predikat sangat tinggi dan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 31,25% dan 68,75 belum tuntas. Selanjutnya pada siklus II sudah mengalami peningkatan yang cukup baik dimana diperoleh siswa yang mendapat predikat sangat tinggi berjumlah 12 siswa atau 70,59% dan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 76,48 % dan yang belum tuntas sebesar 23,52%. Kemudian di siklus III mengalami peningkatan yang sangat drastis, siswa yang mendapat predikat baik sudah mencapai 15 siswa atau 88,23% dan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 94, 12% dan 5,88 belum tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Sofwan Hadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:46
Last Modified: 21 Jun 2022 03:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19390

Actions (login required)

View Item View Item