Implementasi Model Kooperatif Tipe Word Square Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas 4 SDN Kembangan 2 Magetan

Diniah, Fajar (2022) Implementasi Model Kooperatif Tipe Word Square Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas 4 SDN Kembangan 2 Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
203180047_FAJAR DINIAH_PGMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Diniah, Fajar. 2022. Implementasi Model Kooperatif Tipe Word Square Pada Pembelajaran
Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa
Kelas 4 SDN Kembangan 2 Magetan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.
Pembimbing, H.Mukhlison Effendi, M.Ag.
Kata Kunci: Model Kooperatif, Tipe Word Square, PPKn, Keaktifan Siswa
Dalam proses pembelajaran seharusnya memiliki tujuan untuk membentuk siswa yang
bukan hanya pandai secara teoritis saja, akan tetapi juga dapat mengaplikasikan ilmunya dalam
kehidupan sehari-hari, hal tersebut dapat diwujudkan melalui keaktifan belajar siswa agar
menciptakan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh
rendahnya keaktifan siswa kelas 4 SDN Kembangan 2 Magetan pada mata pelajaran PPKn. Hal
ini dikarenakan kurang efektifnya model pembelajaran pada mata pelajaran PPKn.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui aktivitas guru dalam menerapkan Model
Kooperatif Tipe Word Square pada pembelajaran PPKn kelas 4 SDN Kembangan 2 Magetan, 2)
untuk mengetahui aktivitas siswa dalam menerapkan Model Kooperatif Tipe Word Square pada
pembelajaran PPKn kelas 4 SDN Kembangan 2 Magetan, 3) untuk mengetahui peningkatan hasil
belajar siswa setelah diterapkannya Model Kooperatif Tipe Word Square pada pembelajaran
PPKn kelas 4 SDN Kembangan 2 Magetan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Yakni penelitian
tindakan kelas dengan model yang dikenalkan oleh Kurt Lewin. Dalam setiap siklusnya terdiri dari
empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas 4 SDN Kembangan 2 Magetan yang berjumlah 24 siswa, dan terdiri dari 12
laki-laki dan 12 perempuan. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, tes, dokumentasi,
dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif dan kuantitatif.
Dari analisis data ditemukan bahwa 1) aktivitas guru dalam menerapkan model kooperatif
tipe word square ada enam fase, yakni Fase 1 yaitu menyampaikan tujuan dan mempersiapkan
peserta didik, Fase 2 menyajikan/menyampaikan informasi, Fase 3 mengorganisasikan peserta
didik dalam kelompok, Fase 4 membimbing kelompok, Fase 5 evaluasi, Fase 6 Memberikan
pengakuan dan penghargaan. Semua fase tersebut memiliki keterkaitan satu sama lain dalam
proses pembelajaran. 2) model koopeartif tipe word square dapat meningkatkan keaktifan siswa.
Hal ini dapat diketahui dari hasil observasi keaktifan siswa pada setiap siklusnya. Pada tahap pra
siklus persentase keaktifan siswa 53%, meningkat pada siklus I menjadi 63%, dan meningkat lagi
di siklus II menjadi 88%. 3) model koopeartif tipe word square dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Hal ini dapat diketahui dari observasi hasil belajar siswa. Pada pra siklus siswa yang masuk
dalam kategori tuntas sebesar 21%, kemudian meningkat pada siklus I menjadi 42%, dan
meningkat lagi pada siklus II menjadi 100%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:48
Last Modified: 21 Jun 2022 03:48
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19388

Actions (login required)

View Item View Item