PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 MANTREN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022

Emellinda, Emellinda (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SDN 1 MANTREN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2021/ 2022. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 203180163 EMELLINDA PGMI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Emellinda. 2022. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam
Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V di SDN 1 Mantren Pacitan.
Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu
Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Anis Afifah, M. Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPA.
Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi di dalam kegiatan belajar mengajar
sangat penting bagi seorang pendidik, dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi
maka siswa tidak akan merasa jenuh dan bosan dalam mengikuti kegiatan belajar. Fenomena
yang masih terjadi sampai saat ini adalah hasil belajar siswa yang tidak maksimal. Hal ini terlihat
dari hasil penelitian yang menunjukkan bahwa siswa di dalam kelas V di SDN 1 Mantren Pacitan
terdapat beberapa siswa yang masih memperoleh nilai di bawah rata-rata khususnya pada mata
pelajaran IPA, sehingga siswa tidak dapat mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM)
yang telah ditetapkan oleh sekolah. Hal ini dikarenakan penggunaan model pembelajaran yang
monoton dan hanya berpusat pada guru saja serta menjadikan siswa pasif dalam mengikuti
kegiatan pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar yang tidak maksimal. Oleh karena
itu, perlu diadakan perbaikan yang dilakukan dalam penelitian ini untuk meningkatkan hasil
belajar sisa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) meningkatkan proses pembelajaran dan (2) hasil
belajar pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based
Learning pada siswa kelas V SDN 1 Mantren Pacitan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan secara langsung dan
bertahap oleh peneliti. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Mantren Pacitan
yang berjumlah 13 siswa, pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan wawancara,
observasi , serta analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan deskriptif kuantitatif dan
kualitatif dimana menggambarkan data dengan menggunakan kalimat untuk mendapatkan
keterangan yang jelas dan terperinci. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 unsur yaitu: (1)
perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran IPA
dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan (1)
proses pembelajaran sebesar 100 % pada siklus I dan II serta (2) hasil belajar siswa dengan
sangat baik yang dbuktikan dengan adanya peningkatan presentase nilai belajar siswa disetiap
siklus dengan presentase pada siklus I sebesar 84,5 % serta pada siklua II sebesar 100%. Dengan
demikian proses pembelajaran dan hasil belajar disetiap siklus mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:41
Last Modified: 21 Jun 2022 03:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19376

Actions (login required)

View Item View Item