Penggunaan Problem Based Learnging Dengan Teknik Berkelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Di MIN 02 Takalar Makassar

Faizah, Lailatul (2022) Penggunaan Problem Based Learnging Dengan Teknik Berkelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Mata Pelajaran PKN Di MIN 02 Takalar Makassar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
203180190_LAILATUL FAIZAH_PGMI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Faizah, Lailatul. 2022. Penggunaan Problem Based Learning dengan Teknik Berkelompok untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tingi Siswa Pada Mata Pelajaran PKN di MIN 02 Takalar Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Weni Tria Anugrah Putri, M. Pd.
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Problem Based Learning dengan Teknik Berkelompok, Kemampuan berpikir Tingkat Tinggi.
Model pembelajaran adalah suatu cara maupun teknis dalam penyajian sistematis yang juga digunakan oleh seluruh guru didalam mengorganisasikan pengalaman suatu proses dari pembelajaran supaya dapat mencapai suatu tujuan dari sebuah pembelajaran tersebut. Contoh adanya model pembelajaran didalam proses belajar mengajar yaitu diskusi, ceramah, studi kasus dan lainnya. Fungsi dari model pembelajaran adalah membantu membuat interaksi diantara guru dan siswa yang mereka inginkan didalam proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Akan tetapi realitanya yang terjadi di kelas 6.1 MIN 02 Takalar Makassar pada mata pelajaran PKN belum maksimal. Hal ini dikarenakan proses pembelajaran masih menggunakan metode klasik yang tanpa melibatkan siswa didalam proses pembelajaran sehingga hanya berfokus pada guru. Model pembelajaran yang digunakan juga hanya kebanyakan ceramah dan mementingkan catatan panjang dari buku bacaan yang kurang menekankan aspek penalaran dalam berpikir tingkat tinggi dari tidak adanya sikap bertanya, tidak adanya keaktifan diskusi, kemampuan dalam menyelesaikan masalah dalam kelompok masih sangat kurang dalam mata pelajaran PKN. Dengan adanya kenyataan tersebut maka diperlukan inovasi dalam sebuah proses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning dengan teknik berkelompok untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sebagai tolak ukur pemahaman siswa. Problem based learning dengan teknik berkelompok mampu meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dalam aktifnya bertanya, antusias dalam diskusi, mampu menyelesaikan masalah baik dalam kelompok maupun mengerjakan soal tes secara mandiri, dan siswa mampu menjalin hubungan yang baik dengan siswa lain ketika berkelompok terlebih pada mata pelajaran PKN.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana perencanaan dan juga pelaksanaan model pembelajaran problem based learning dengan teknik berkelompok didalam pembelajaran PKN, (2) apa saja kendala yang terjadi pada model pembelajaran problem based learning dengan teknik berkelompok, (3) untuk mengetahui apakah model pembelajaran problem based learning dengan teknik berkelompok bisa meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Yang terdiri dari tiga siklus, pada setiap siklusnya mempunyai empat tahapan, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) pengamatan, (4) refleksi.
Hasil dari penelitian ini yang dilakukan di MIN 02 Takalar Makassar khususnya di kelas 6.1 menunjukkan peningkatan. Pada siklus I hasil berpikir tingkat tinggi siswa yang tuntas 57,90% dari 11 orang siswa yang tuntas dan 42,11% dari 8 orang yang tidak tuntas. Pada siklus II diperoleh hasil 74,68% dari 14 orang siswa yang tuntas, dan 27,31% dari 5 orang siswa yang belum tuntas. Sedangkan pada siklus III nilai yang diperoleh adalah 94,73% dari 18 orang siswa yang tundas dan 5,26% dari 1 rang siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Weni Tria Anugrah Putri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 21 Jun 2022 03:38
Last Modified: 21 Jun 2022 03:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/19375

Actions (login required)

View Item View Item